Grand Final Duta Pariwisata, Gubernur Kaltara Menekankan Ini

Grand Final Duta Pariwisata
Pemandangan udara hutan mangrove dan kanal seperti mengular di Kalimantan. Foto: iStock

TURISIAN.com –  Finalis yang terpilih dalam Grand Final Duta Pariwisata Kalimantan Utara (Kaltara) diharapkan bisa bersinergi dengan masyarakat dalam membangun pariwisata Kaltara lebih baik.

Hal ini penting menyongsong era endemi yang diperkirakan akan kembali menggeliatkan seiring tumbunya kunjungan wisatawan nusantara maupun mancanegara (wisman).

Hal itu disampaikan Gubernur Kaltara—melalui Staf Ahli Bidang Ekonomi, Pembangunan, dan Hubungan antar Lembaga Provinsi Kaltara Ferdy Manurun Tanduklangi.

Ferdy menyampaikan pesan gubernur  tersebut saat menghadiri Malam Grand Final Duta Pariwisata Kalimantan Utara (Kaltara) yang berlangsung di Ballroom Luminor Hotel, Rabu 5 Oktober 2022.

BACA JUGA: 5 Desa Wisata di Kaltara yang Menarik Kalian Kunjungi Saat Liburan

Dalam sambutannya berharap duta wisata yang terpilih nantinya tak hanya menjadi duta pariwisata. Tetapi juga duta Kaltara untuk mancanegara dan bersinergi dengan masyarakat membangun pariwisata Kaltara lebih baik.

“Pariwisata menjadi epicentrum (ekonomi). Semua hidup, sebagai contoh acara ini otomatis ada penonton baik lokal maupun internasional. Mereka akan nginap di hotel mereka akan menggunakan transportasi, makan semua itu multiplier effect ekonomi akan hidup,” ujarnya.

Dengan pariwisata daerah akan tumbuh perekonomiannya yang akan menjadikan welfare state sebuah negara atau daerah yang sejahtera.

BACA JUGA: Sensasi Arung Jeram Keburau Kaltara yang Bikin Jantung Deg-Degan, Tapi Seru!

Menjadi Tulang Punggung Pariwisata

Dan akan menjadi tulang punggung pariwisata tersebut adalah masyarakat itu sendiri.

“Bukan cuma pemerintah, tetapi masyarakat yang inovatif dan kreatif. Bagaimana menggabungkan potensi pariwisata yang ada pada daerah kita,” ujarnya.

“Saya melihat ada 10 potensi wisata yang bagus pada Provinsi Kaltara yaitu wisata budaya, alam, Kuliner, Bahari, religi,cagar alam, seni budaya,wisata olahraga, sejarah dan agrowisata,” tambahnya.

BACA JUGA: Mesti Coba! 6 Kuliner Khas Kalimantan Selatan yang Otentik dan Lezat

Ferdy mengucapkan selamat kepada Duta Wisata yang terpilih bahwa tugas mereka tidak hanya sebatas seremonial semata. Namun ada tugas-tugas besar lainnya menanti mereka untuk Kaltara.

“Mempromosikan Kaltara kepada dunia luar sehingga investor melirik untuk berinvestasi. Baik dari dalam maupun luar negeri untuk datang membangun Kaltara,” pintanya.

Ia juga menekankan agar duta wisata ini, lebih giat mempelajari permasalahan yang ada di Kaltara dan memberikan solusi.

“ Kita harap adik-adik ini berjuang keras, pikul tanggungjawab, jaga mental, moralitas dan kepribadian sehingga bisa menjadi panutan bagi masyarakat khsusnya generasi muda Kaltara,” pungkasnya. ***

Pos terkait