5 Desa Wisata di Kaltara yang Menarik Kalian Kunjungi Saat Liburan

Desa Wisata Kaltara
Desa Wisata Setulang di Kaltara. (Source: Dispar Kaltara)

TURISIAN.com – Desa wisata merupakan suatu daerah yang menyajikan beragam daya tarik wisata. Seperti wisata alam, wisata budaya, dan wisata hasil buatan manusia. Indonesia beruntung diberkati banyak desa wisata yang memesona. Seperti berbagai desa wisata yang ada di Kalimantan Utara (Kaltara).

Sama seperti yang lainnya, desa wisata di Kaltara juga memiliki atraksi, akomodasi, dan fasilitas pendukung yang bisa Sobat Turisian nikmati saat berlibur ke sana. Dari sekian banyak desa wsiata di Kaltara, ada 5 desa wisata unggulannya, antara lain:

1. Desa Wisata Sumantipal, Kabupaten Nunukan

Sumantipal merupakan salah satu desa wisata Kaltara yang terletak di Kecamatan Lumbis Pansiangan, Kabupaten Nunukan yang berbatasan langsung dengan Kota Keningau, Sabah Malaysia, yang satu hamparan dengan PLBN Labang.

Di sini Sobat Turisian bisa menikmati beragam potensi wisata yang sangat menarik. Di antaranya ekowisata dan arung jeram yang eksotis dan cukup memacu adrenalin.

2. Desa Wisata Ardimulyo, Kabupaten Bulungan

Bergeser ke Kabupaten Bulungan ada Desa Wisata Ardimulyo yang merupakan destinasi wisata dengan sajian hutan mangrove. Hebatnya, pengelolaan dan pengembangan desa wisata Kaltara yang satu ini oleh masyarakatnya sendiri.

Dengan cara swadaya, mereka bergotong royong untuk mengembangkan ekonomi di desanya. Potensi yang desa ini miliki, yakni hidangan seafood-nya. Sobat Turisian akan puas menyantap hidangan udang dan kepiting khas desa ini yang memanjakan lidah.

3. Desa Wisata Metun Sajau, Kabupaten Bulungan

Metun Sajau merupakan desa wisata yang menjadi salah satu cerminan budaya masyarakat asli Kalimantan Utara, khususnya suku Dayak Kenyah. Desa wisata Metun Sajau ini menyajikan berbagai pengalaman unik dan edukatif.

Baca juga: Museum Kesultanan Bulungan, Tempat Wisata Edukasi Sejarah Menarik di Kaltara

Di tempat ini, Sobat Turisian bisa mengenal tentang kehidupan masyarakat setempat yang masih melestarikan budaya. Hingga terpelihara dan lestari secara turun temurun.

4. Desa Wisata Pulau Sapi, Kabupaten Malinau

Daya tarik desa wisata Kaltara berikut ini berupa kekayaan budaya tradisionalnya. Desa Wisata Pulau Sapi terdiri dari berbagai sektor, antara lain pengrajin anyaman, batik sovenir, hingga kuliner.

Penduduk di desa ini merupakan Suku Dayak Lundayeh yang memiliki kekayaan seni dan budaya yang tinggi. Potensi dan daya tarik di Desa Wisata Pulau Sapi, yaitu ekowisata alam seperti Air Terjun Semolon, susur Sungai Mentarang, potensi wisata budaya, serta ragam kuliner khasnya.

5. Desa Wisata Setulang, Kabupaten Malinau

Terakhir ada Desa Wisata Setulang dengan budaya khas yang masih lestari dan dapat Sobat Turisian lihat hingga saat ini. Warga desa tersebut masih mempertahankan bahasa, hukum adat, dan budaya dalam keseharian masyarakatnya.

Baca juga: Sensasi Arung Jeram Keburau Kaltara yang Bikin Jantung Deg-Degan, Tapi Seru!

Potensi yang ada di Desa Setulang berupa hutan adat yang namanya adalah Tana’Ulen. Di dalam hutan tersebut terdapat pohon besar dengan diameter 9,27m. Wow keren sekali nih Sob!*

 

 

Pos terkait