Air Terjun Tumpak Sewu Semeru yang Sangat Eksotis dan Memukau

Air Terjun Tumpak Sewu
Air Terjun Tumpak Sewu di Lumajang, Jawa Timur. (iStock)

TURISIAN.com – Mungkin sudah banyak dari Sobat Turisian yang mengetahui atau bahkan pernah berkunjung ke Air Terjun Tumpak Sewu di Lumajang. Pesona keindahan air terjun setinggi kurang lebih 120 meter ini, pamornya sudah terkenal hingga ke mancanegara lho!

Objek yang terkenal dengan sebutan Coban Sewu dan Tebing Nirwana ini berada di Desa Wisata Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Berjarak sekitar 47 km ke arah selatan dari pusat kota Lumajang. Tempat wisata alam ini pun berdekatan dengan destinasi wisata Goa Tetes.

Begitu melihat secara langsung Air Terjun Tumpak Sewu, Sobat Turisian pasti akan terpukau dan langsung jatuh cinta. Air terjun yang bersumber dari mata air alam di Gunung Semeru ini, sungguh memesona pemandangan alamnya.

Tampak aliran air terjun turun dari atas tebing yang membentuk setengah lingkaran. Air terjun ini berpadu  indah dengan hamparan pepohonan hijau dengan latar Semeru. Bagai sebuah lukisan menawan karya alam.

Nama Tumpak Sewu sendiri memiliki arti air terjun yang bertumpuk-tumpuk. Maksudnya air terjun di Lumajang ini merupakan gabungan dari banyaknya air terjun yang ada sehingga sangat menakjubkan. Terlihat pula berundak-undak dari atas.

Baca juga: Yuk Refreshing Dulu di Ranu Klakah, Danau Alami Indah di Lumajang!

Meski berada di alam terbuka, namun Sobat Turisian sudah bisa menikmati berbagai fasilitas penunjang saat berada di detinasi wisata ini. Fasilitasnya meliputi area pakir, toilet, pusat informasi, pusat kesehatan, rest area, musala, warung makan, pusat perbelanjaan. Ada juga fasilitas homestay, ojek wisata, jaringan handphone, tempat sampah, petunjuk arah, dan lainnya.

Akses Menuju Air Terjun Tumpak Sewu

Lokasi air terjun ini berada di perbatasan Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang. Namun untuk aksesnya lebih baik Sobat Turisian memilih jalur Kabupaten Lumajang. Yaitu melalui Jalan Nasional Rute 3 Lintas Selatan Jawa Timur.

Kalau Sobat Turisain berangkat dari Malang, bisa memilih rute perjalanan dari Bululawang ke Dampit. Kemudian berlanjut ke Tirtomoyo hingga Pronojiwo yang merupakan titik perbatasan Lumajang dan Malang.

Setelah tiba di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Sobat Turisian akan melihat pintu masuk objek wisata Air Terjun Tumpak Sewu di tepi jalan. Kalian pun bisa langsung parkir kendaraan di area parkir yang telah tersedia. Tumpak Sewu cukup mudah dijangkau dengan kendaraan pribadi maupun angkutan umum berupa minibus.

Baca juga: Candi Tikus Trowulan, Alternatif Tujuan Wisata di Mojokerto Jawa Timur

Kondisi jalan ke sana pun sudah beraspal dan dapat Sobat Turisian tempuh dengan kendaraan roda 2 dan roda 4 hingga di parkiran. Dari area parkir, untuk menuju ke view point Sobat Turisian harus berjalan kaki.*

Pos terkait