5 Hal Tabu yang Perlu Kamu Ketahui Saat Traveling ke Suku Baduy Dalam

Suku Baduy Dalam
Kegiatan keseharian masyarakat Suku Badyu di Lebak, Banten. Foto: iStock

TURISIAN.com – Halo guys, sudah pernah belum coba mampir ke daerah Ciboleger Suku Baduy Dalam ?

Dekat banget lagi dari Jakarta lho. Kalian, tinggal naik kereta yang ke arah Rangkasbitung lalu sambung dengan angkot atau elf ke arah Ciboleger.

Perjalanan paling memakan waktu sekitar 2 jam saja dari jakarta kok, Guys.

Tapi, sebelum kalian memantapkan hati kesana, kalian juga perlu memantapkan fisik loh. Karena ke Suku Baduy Dalam itu persis seperti naik gunung, naik turun bukit yang lumayan curam dan licin.

BACA JUGA: Kain Tenun Baduy, Kreasi Masyarakat Desa Kanekes yang Menawan

Jadi wajib, banyak olahraga dulu minimal sering joging di pagi atau sore hari deh, supaya fisik kamu kuat.

Nah, tapi ada lagi hal yang lebih penting yang perlu kalian tau nih, Guys. Ada beberapa peraturan adat dari Baduy Dalam yang tak boleh dilanggar sama kamu saat bertamu kesana.

Apa saja sih hal tabu yang tak boleh di lakukan di Baduy Dalam? Berikut ini ulasannya:

1.Foto dan video di daerah Baduy Dalam

Ini hal yang paling enggak boleh dilanggar sama para pengunjung Suku Baduy Dalam, karena sudah adat istiadat disana bahwa foto dan video di daerah Baduy Dalam dilarang.

Jika ada yang nekat tetap video atau foto, pasti hasilnya hitam tak ada gambar. Jadi, kalau kalian kesini jangan ambil gambar, ya. Kalau mau foto – foto cukup ke Baduy Luar aja supaya kamu tetap aman.

BACA JUGA: Jangan Lewatkan Event Seba Baduy 2022, Sajikan Ritual Adat hingga Camping Ground

2. Cara Mandi yang Diperbolehkan

Seperti umumnya pedesaan, Baduy Dalam masih sangat asri. Jadi kalau selama ini mandi dan kegiatan yang biasa kita lakukan ke toilet. Tradisi Baduy  semua ke sungai.

Orang – orang Baduy Dalam tak mau jika sungai mereka tercemar dengan sabun dan odol yang kita gunakan karena mereka menganggap hal itu limbah.

Nah, untuk kalian yang akan berkunjung kesana kalau tidak mau bau, bawa parfum dan permen, ya, supaya tetap wangi dan mulut kamu tetap fresh.

Ini Kalau Tetap Nekat Nyalain HP

3. Mengaktifkan handphone di kawasan Baduy Dalam

Hal ini juga bagian larangan lain saat ke Baduy Dalam. Jika ingin mengaktifkan handphone harus keluar dari daerah ini. Peraturan ini dibuat oleh mereka supaya tak mengganggu alam yang ada sekitar Baduy Dalam.

Percuma juga, loh, Sobat Turisian, jika kamu nekat mengaktifkan handphone kamu. Toh, juga  tak ada sinyal sama sekali. Jadi, ikuti saja peraturannya untuk tak bermain handphone, ya.

BACA JUGA: Kalender Event Jambi, Penuh Keseruan dari April Hingga Desember 2022

4. Warga negara asing tak bisa masuk ke daerah baduy dalam

Warga negara asing tak bisa masuk ke wilayah Baduy Dalam. Ini sudah ketentuan adat istiadat mereka. Kalau pun, ada  WNA yang nekat mereka tidak akan pernah sampai masuk ke Baduy Dalam.

Nah, untuk yang WNA harap maklum ya, kamu tetap bisa menikmati suasana khas Baduy di Baduy Luar kok. Tak jauh beda.

5. Baduy Dalam tertutup saat bulan Kawalu

Info lain buat Sobat Turisian yang  mau traveling ke Baduy Dalam harus cek bulan ya.

Sebab, ada bulan – bulan tertentu Baduy Dalam tertutup dari masyarakat luar. Biasanya pada bulan Kawalu kamu tidak boleh berkunjung ke Baduy Dalam.

Bulan Kawalu terjadi pada  bulan Februari – April. Jadi, kalau mau berkunjung cek jadwal dulu ya, jangan sampai sudah jauh – jauh jadi sia – sia karena tidak bisa masuk ke Baduy Dalam.

Nah itu tadi 5 hal tabu yang tidak boleh kita langgar saat berkunjung ke Baduy Dalam. Namanya juga masih menjunjung adat istiadat.

Makanya peraturan yang mereka buat pun masih sangat ketat. Jadi, saat Sobat Turisian, kesana saling memahami dan menghargai, ya. Wajib hukumnya kamu taati peraturan tersebut.

Jadi, kamu enggak takut kan untuk tetap traveling ke Baduy Dalam?

Jangan khawatir orang – orang Baduy Dalam sangat ramah loh sama pengunjung hanya memang peraturannya saja yang ketat. Yuk, melancong Sobat Turisian.

***

Pos terkait