Jelajah Wisata Tahura Bukit Barisan, Cocok Buat Healing dan Refreshing

Tahura Bukit Barisan
Tahura Bukit Barisan, Kabupaten Karo, Sumut. (Source: Disparbud Kab. Karo)

TURISIAN.com – Bosan atau penat dengan hiruk pikuk perkotaan? Mungkin sudah saatnya Sobat Turisian mencari tempat wisata alam terbuka yang cocok buat healing dan menenangkan pikiran. Nah di Kabupaten Karo, Sumatera Utara (Sumut) ada tempatnya yang pas buat hal itu, yaitu Taman Hutan Raya (Tahura) Bukit Barisan.

Lokasi taman hutan raya ini terletak di Kabupaten Karo. Tepatnya di sebelah utara Kota Berastagi. Jadi kalau Sobat Turisian melakukan perjalanan dari arah Kota Medan, Tahura Bukit Barisan berada sebelum memasuki Kota Berastagi.

Sama seperti tahura di daerah lain, destinasi wisata ini juga merupakan sebuah kawasan hutan lindung dan konservasi alam. Sekaligus menjadi destinasi wisata alam yang menarik.

Baca juga: Tiga Aktivitas Wisata Menarik Saat Berkunjung ke Berastagi

Dengan area seluas 51.600 Ha, Tahura ini memiliki fungsi dan peranan untuk menjaga ekosistem alam di sekitarnya. Serta sebagai upaya konservasi sumber daya alam.

Aneka Flora & Fauna di Tahura Bukit Barisan

Sebagian besar kawasan Tahura ini merupakan hutan lindung. Berupa hutan alam pegunungan yang mayoritas tumbuh jenis-jenis pohon pegunungan. Seperti Pinus merkusii, Altingia exelsa, Schimawa/lichii, Podocarpus sp, Toonasurei, dan jenis-jenis lainnya.

Sobat Turisian pun saat berkunjung ke sini, akan menemui pohon durian, dadap, rambutan, pulai, aren, rotan. Lalu ada jenis pohon Pinus caribeae, Pinus khasia, Pinus insularis, Eucalyptus sp, Agathis sp, dan lain-lain.

Bukan hanya itu, di Tahura Bukit Barisan, Sobat Turisian juga bisa berjumpa dengan berbagai jenis fauna. Di antaranya monyet ekor panjang, beruk harimau, siamang, babi hutan, ular, rusa, trenggiling, berbagai jenis burung, serta jenis-jenis satwa lainnya.

Baca juga: Tiga Aktivitas Wisata Olahraga di Sumatra Utara yang Seru Buat Dicoba

Sementara di bagian lain dari kawasan Tahura ini, terdapat wilayah Desa Tongkoh yang menjadi areal kunjungan umum. Di situ terdapat berbagai fasilitas pelayanan kunjungan wisatawan. Ada area parkir, visitor center, pondok wisata, open stage, dan jalan setapak dengan beberapa shelter di beberapa spot.*

Pos terkait