Mengintip Pesona Danau Singkarak yang Mendunia

Danau Singkarak
Keindahan Danau Singkarak di Sumatera Barat yang selalu dilintasi peserta event internasiol Tour de Singkarak. Foto: iStock

TURISIAN.com – Siapa tak kenal Danau Singkarak ? Danau terbesar kedua di Sumatera Barat ini makin kece dan menjadi favorit banyak wisatawan lho.

Cekungan besar yang terletak di wilayah Solok dan Tanah Datar ini, kian mendunia setelah menjadi ajang kegiatan Tour de Singkarak yang sudah berlangsung beberapa tahun terakhir.

Danau yang memiliki luas sekitar 107 km persegi ini, terbentuk akibat aktivitas lempeng bumi alias gerakan tektonik yang terjadi selama ratusan tahun lalu.

Airnya yang jernih terbentang memanjang dan diapit perbukitan berwarna hijau-biru yang super keren. Dijamin kamu bakalan terpesona sama keindahan alamnya yang begitu eksotis.

BACA JUGA: Sumbar Ingin Seperti Bali, Wagub Audy Bawa Rombongan ke Kuta

Buat Sobat Turisian  yang hobi berenang, boleh-boleh aja kok berenang di sini. Selain itu, kamu juga bisa memancing ikan sekaligus membakarnya langsung di tepi danau.

Atau naik perahu mesin keliling danau, mencoba sesuatu yang lebih menantang seperti naik banana boat.

Kalau sudah berada ke Singkarak, rasanya nggak lengkap kalau kamu nggak berwisata kuliner ya.

Nah, ada satu menu yang wajib dicoba yaitu ikan bilih. Ikan ini sangat unik, karena hanya bisa hidup di danau ini, Guys.

Tour de Singkarak

Jumlahnya pun sangat banyak, sehingga menjadi salah satu sumber penghasilan masyarakat di sekitar danau. Dagingnya gurih dan enak banget di lidah.

Buat kamu-kamu yang belum pernah berkunjung ke sini, kayaknya harus bikin agenda wajib deh tahun ini.

BACA JUGA: Pemerintah Kota Padang Siapkan 4 Destinasi Wisata Baru, Ini Lokasinya

Biasanya pada bulan Oktober ini berlangsung Tour de Singkarak. Sebuah  balap sepeda bertarap internasional. Mereka biasanya akan melintasi Danau Singkarak.

Sayangnya, pada tahun ini tertunda dan baru akan berlangsung pada tahun 2023 nanti.

Padahal rute menarik sudah siap. Mulai start dari Batusangkar dan finish ke Bukittinggi, dan terbagi dalam sembilan etape.

BACA JUGA: Inilah 5 Tempat Wisata di Ranah Minang yang Mirip di Luar Negeri

Oya, event bertaraf internasional ini digelar atas kerjasama Kementerian pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI dan Amaury Sport Organization yang merupakan penyelenggara Tour de France. Keren bukan?

Tour de Singkarak bukan sekadar balap sepeda biasa lho, Guys. Salah satu misinya adalah untuk memperkenalkan keindahan alam Sumatera Barat dan budaya Minangkabau pada khususnya.

Keren kan? Nah, masih ada waktu  buat kalian, persiapan nonton event tersebut tahun depan ya. ***

Pos terkait