Pemerintah Kota Padang Siapkan 4 Destinasi Wisata Baru, Ini Lokasinya

Pemerintah Kota Padang
Istana Pagaruyung adalah istana kerajaan bekas Kerajaan Pagaruyung, yang terletak di kecamatan Tanjung Emas dekat kota Batusangkar, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, Indonesia. Foto: iStock

TURISIAN.com – Pemerintah Kota Padang, Sumatera Barat telah mempersiapkan empat destinasi wisata baru.

Upaya ini dilakukan untuk kembali menghidupkan sektor pariwisata yang sempat lesu selama dua tahun pandemi.

Ke-4  destinasi tersebut yakni Goa Kelelawar, Goa Ngalau Air Ilang, Lubuk Tempurung dan Ngalau Kambing. Termasuk, beberapa  pulau-pulau kecil, serta kampung adat.

“Keempat destinasi ini  sebagai lokasi wisata yang layak untuk kunjungan wisatawan ketika berada di Padang. Selian,  destinasi yang sudah populer,” ujar Kepala Dinas Pariwisata Padang, Eri Sanjaya seperti dikutip Turusian.com dari Antaranews, Minggu 28 Agustus 2022.

BACA JUGA: Ridwan Kamil Saran Pemda Kota Padang Siapkan Ruang Publik Bereskpresi

Destinasi wisata yang sudah terpilih tersebut  memiliki potensi untuk menarik lebih banyak pengunjung. Terutama karena panorama alamnya yang mengagumkan dan eksotis.

Lubuk Tempurung, misalnya, merupakan wisata pemandian dan air terjun pedesaan yang masih asri yang lokasinya berada pada Kecamatan Kuranji.

Air terjun Lubuk Tempurung sendiri pada Kawasan daerah Guo, Kelurahan Lubuk Minturun, Kecamatan Lubuk Minturun, Kota Padang.

Goa Kelelawar Pandayo

Sementara Goa Kelelawar targetnya  mampu menarik wisatawan yang menyukai sensasi menelusuri goa.

Situs Pemerintah Kota Padang,misalnya menyebutkan, wisata alam Goa Kelelawar Pandayo  Kelurahan Indarung, Kecamatan Lubuk Kilangan (Luki) memiliki banyak keindahan spot alam.

BACA JUGA: Libur Lebaran di Padang? Jangan Lupa Kunjungi Masjid Raya Sumatera Barat

Pada satu lokasi, wisatawan dapat menemui tiga obyek wisata, yakni Goa Kelelawar, Goa Ngalau Air Ilang, dan Ngalau Kambing.

“Wisata alam memiliki potensi yang besar untuk menarik wisatawan. Selain wisata laut dan pantai yang sudah populer selama ini,” ucap dia.

Kendati demikian, Pemkot Padang juga akan tetap memajukan destinasi yang selama ini  sudah berjalan.

Bahkan, beberapa destinasi itu sudah lebih dikenal oleh masyarakat maupun wisatawan, seperti Pantai Padang, Gunuang Padang, dan lainnya.

BACA JUGA: Air Terjun Nyarai Surga Tersembunyi di Padang Pariaman

Detail Engineering Design

Sejumlah langkah persiapan sudah berjalan untuk mempromosikan empat destinasi tersebut. Termasuk menyiapkan produk perencanaan atau Detail Engineering Design (DED). Misalnya, dengan menambah sarana dan prasarana.

Selain itu, Pemkot Padang juga mengajukan anggaran sebesar Rp 1,2 miliar dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan 2022.

“Anggaran untuk DED akan diajukan pada APBD Perubahan, sementara untuk pengerjaan berupa fisik akan diajukan pada APBD tahun depan,” tuturnya. ***

Sumber: Antaranews

Pos terkait