Mengenal Keunikan Pantai Air Manis dan Sepenggal Kisah Tragis yang Tersisa

Pantai Air Manis
Keindahan Pantai Air Manis di Padang, Sumtera Barat yang menyisakan cerita si Malin Kundang. Foto: Turisian.com/Duta Ilham

Pantai Air Manis2
Malin Kundang
Pantai Air Manis1
Malin Kundang1
Pantai Air Manis2 Malin Kundang Pantai Air Manis1 Malin Kundang1

TURISIAN.com – Jika kamu berkunjung ke kota Padang jangan lewatkan untuk mampir ke Pantai Air Manis.

Pantai Air Manis dikenal bukan saja karena menjadi salah destinasi wisatanya kota Padang namun juga ada sebuah legenda yang begitu mengharukan yang melatar belakangi tempat tersebut.

Di balik keindahan panorama objek wisata ini tersimpan sebuah kisah tragis yang sudah sangat dikenal di ranah Minang tersebut. Bahkan sampai ke seantero nusantara yaitu kisah tentang seorang anak yang dikutuk oleh ibunya menjadi batu.

Sobat Turisian,  tentu sudah tidak asing lagi dengan cerita Malin Kundang yang sangat dikenal dengan anak durhaka tersebut, bukan?

BACA JUGA: Kopi Sipirok Padang SidempuanTerpilih Tampil di Ajang Hybrid Expo 2022

Dalam legenda tersebut berkisah tentang seorang pemuda yang tinggal bersama Ibunya yang miskin.

Pemuda tersebut kemudian memutuskan untuk merantau agar dapat merubah nasibnya. Namun sayangnya setelah ia menjadi seseorang yang berhasil dan kaya ia malu mengakui ibunya yang miskin.

Sang Ibu pun sangat terluka hatinya sehingga mengutuk anaknya tersebut menjadi batu.

Nah, Sobat Turisian, kalian pasti ingin tahu apakah benar ada sisa-sisa peninggalan dari kisah legenda Malin Kundang yang bisa di temukan di Pantai Air Manis?

BACA JUGA: Ridwan Kamil Saran Pemda Kota Padang Siapkan Ruang Publik Bereskpresi

Batu Malin Kundang

Jika kamu berkunjung ke pantai yang satu ini kamu akan menemukan beberapa obyek wisata yang menarik.

Yaitu adanya Batu Malin Kundang yang merupakan sebuah batu yang menyerupai orang yang sedang bersujud dan diperkirakan itulah tubuh Malin Kundang setelah ia dikutuk sang Ibu.

Di sekitar tempat tersebut kamu juga akan menemukan bebatuan yang menyerupai pecahan-pecahan dinding kapal dan beberapa perlengkapan kapal seperti gentong, gulungan tambang serta tangga yang telah membatu.

BACA JUGA: Air Terjun Nyarai Surga Tersembunyi di Padang Pariaman

Terlepas benar atau tidaknya bebatuan tersebut berasal dari kisah legenda Malin Kundang, yang pasti dengan adanya bebatuan yang unik tersebut telah menjadi daya tarik Pantai Air Manis yang tidak ditemukan di pantai mana pun.

Beberapa waktu lalu, Turisian.com berkesempatan mengunjungi objek wisata ini. Selain itu pada Pantai Air Manis kamu akan menikmati pemandangan dengan panorama alam yang indah.

Pulau Pisang Kecil

Dengan latar belakang gundukan gunung Padang yang terletak pada ujung utara pantai tersebut. Pantai Air Manis merupakan pantai yang lebar dan berpasir putih kecoklatan.

BACA JUGA: Bertandang ke Pantai Padang yang Indah, Lengkap dengan Berbagai Daya Tariknya

Di sekitar Pantai Air Manis ada Pulau Pisang Kecil yang bisa ditempuh dengan berjalan kaki apabila air laut surut namun kamu harus cepat kembali lagi sebelum air laut pasang.

Jika pada hari-hari libur tersedia pula jasa angkutan untuk menyebrang ke pulau tersebut.

Pada  pulau tersebut kamu bisa menikmati suasana alam yang sunyi dan tenang disertai dengan pemandangan alamnya yang asri.

Selain itu,  itu kamu dapat menikmati aneka kuliner yang dijajakan di sekitar pulau tersebut.

Takaiters, jika kamu penasaran ingin melihat langsung berbagai sisa-sisa peninggalan dari kisah legenda Malin Kundang silahkan mengunjungi kawasan ini yang terletak di Pantai Air Manis, Kecamatan Padang Selatan, Padang. ***

Pos terkait