Gubernur Jambi Al Haris Perkuat Kerjasama Pariwisata dengan Sumatera Barat

Gubernur Jambi Al Haris
Suasana Kota Jambi menjelang malam tiba. Foto: iStock

TURISIAN.com – Kolaborasi menjadi kata kunci untuk bisa membangun pariwisata berkelanjutan. Ini pula yang mendasari Gubernur Jambi Al Haris memperkuat Kerjasama bidang pariwisata dengan Sumatera Barat.

Tujuannya, mengembangkan potensi yang ada di provinsi tersebut untuk meningkatkan ekonomi masyarakat.

“Kita sudah menjalin MoU dengan Sumbar untuk bidang pariwisata. Dan ini yang coba kita kolaborasikan dan kembangkan di Jambi,” kata Gubernur Jambil Al Haris saat menghadiri peringatan HUT Sumbar ke-77 di Padang, Sabtu 1 Oktober 2022.

Menurut dia Sumbar sudah lebih dahulu menggarap potensi wisata yang mereka miliki dan ini yang akan dicoba untuk diterapkan di Jambi.

BACA JUGA: Ini Tiga Objek Wisata Jambi yang Asik Buat Tujuan Liburan Kalian!

Ia mengakui pandemi COVID-19 yang terjadi dalam dua tahun ini membuat perekonomian Sumbar memburuk. Namun pada saat ini akan menggeliat kembali.

“Sumbar ini sama dengan Bali yang terdampak ekonomi akibat COVID-19. Dan saat ini semua mulai bergerak ke arah yang lebih baik lagi. Kunjungan terlihat meningkat dan hotel juga mulai penuh,” katanya.

Tour De Singkarak

Terkait wisata, salah satu kerja sama yang sudah dijalankan adalah masuknya daerah Kerinci dalam daerah yang dilalui kegiatan balap sepeda Tour De Singkarak.

BACA JUGA: Open Mountain Bike Jambi 2022 Gerakan Kunjungan ke Taman Hutan

“Kita akan bangun lagi kerja sama di bidang wisata dan budaya ke depannya,” kata dia.

Menurut dia Sumbar dan Jambi memiliki banyak kesamaan dan salah satunya adat di Jambi ini sebagian besar dari Minangkabau.

“Kita ada hubungan secara historis, budaya yang mirip dan ada banyak kesamaan cara dan budaya. Ini yang kita coba kerja samakan untuk kemajuan daerah,” kata dia.

Menurut dia Sumatera Barat memiliki sumber daya wisata yang melimpah. Termasuk,  sumber daya alam yang mumpuni dan ini banyak dipelajari untuk kemajuan provinsi Jambi.

“Sejak dulu warga Jambi sekolah ke Sumbar. Dan salah satunya Universitas Negeri Padang yang menjadi tujuan dalam mengecap perguruan tinggi. Dan saat ini banyak pemuda Jambi yang kuliah di Sumbar, kita akan bangun kerja sama yang baik tentunya,” kata dia. ***

Sumber: Antaranews

Pos terkait