Event Tour de Merapi Melewati Banyak Destinasi Wisata di Sleman

Tour de Merapi
Pemandangan udara Lanskap Gunung Merapi dengan sawah dan pedesaan Yogyakarta. Foto: iStock

TURISIAN.com – Event Tour de Merapi yang bakal berlangsung di Kabupaten Sleman, Yogyakarta pada 16 Oktober 2022 mendatang akan banyak melewati objek wisata menarik.

Kegiatan ini juga targetnya bisa menghadirkan 500 motor atau 1.000 orang peserta. Sebuah event yang tentunya, bakal lebih gebyar.

Panitia penyelenggara juga sudah menyiapkan berbagai hadiah door prize yang menarik.

Event yang  diinisiasi oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta ini akan melintasi sejumlah destinasi wisata dan desa wisata di lereng Gunung Merapi Kabupaten Sleman.

BACA JUGA: Banyak Destinasi Baru di Sleman Yogyakarta, Apa Saja ?

“Tahun ini merupakan penyelenggaraan Tour de Merapi (TDM)  yang ke-17. Event jelajah wisata sepeda motor ini kami harapkan turut mendongkrak kebangkitan wisata Sleman,” kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman Ishadi Zayid di Sleman, Kamis 22 September 2022.

Mempromosikan Kekayaan Budaya

Menurut dia, TDM merupakan jelajah wisata sepeda motor dengan melintasi destinasi atau desa wisata di Kabupaten Sleman dengan jarak tempuh kurang lebih 100 kilometer.

“TDM menjadi event yang berfungsi mempromosikan destinasi/desa wisata. Termasuk, mempromosikan kekayaan budaya, kuliner yang ada pada destinasi/desa wisata yang dilewati,” katanya.

“Dan pada akhirnya akan meningkatkan kunjungan wisatawan ke destinasi/desa wisata di Kabupaten Sleman,” sambungnya.

BACA JUGA: Lava Bantal Berbah Sleman, Wisata Geo Heritage Bekas Aliran Lava Gunung Api

Pada gelaran “Tour de Merapi 2022” ini, tema yang dipilih adalah “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”.

Ia mengatakan, untuk even TDM tahun ini, meskipun masih pandemi COVID-19 namun penyelenggaraan tidak seketat pada 2021 yang masih masa pandemi.

“Ada beberapa perbedaan dibanding tahun lalu. Pada tahun lalu peserta tidak boleh berboncengan karena masih pandemi. Kemudian untuk keberangkatan atau start ada sejumlah titik atau pos yang ada pada jalur rute TDM,” katanya.

Desa Wisata Pancoh

Sedangkan, pada TDM 2022, peserta akan memulai perjalanan secara bersama. Setelah terlebih dahulu ada serimonial pelepasan oleh Bupati Sleman.

Pusat pemberangkatan peserta di Lapangan Pemda pada 16 Oktober 2022 pukul 06.30 WIB. Dibagi  dalam tiga kloter keberangkatan.

“Masing-masing kloter dengan interval keberangkatan selama 10 menit,” katanya.

BACA JUGA: Wajib Coba! Soto Tengkleng Legendaris Sleman yang Satu Ini!

Ishadi mengatakan, dalam rute TDM 2022 terdapat lima pos yang harus dilewati peserta, dimana peserta wajib mendapatkan cap di semua titik pos yang ada sebagai syarat utama diikutkan dalam undian door prize.

“Selanjutnya, kartu cap pos dikumpulkan di Desa Wisata Pancoh, yang menjadi tempat finish, sekaligus tempat pengundian door prize,” katanya.

Ia mengatakan, TDM 2022 ini terbuka untuk umum dan komunitas sepeda motor baik dari DIY maupun luar DIY, dengan target peserta sebanyak 500 motor atau 1.000 orang.

“Peserta cukup dengan membayar Rp200.000, peserta akan mendapatkan satu buah jaket, snack di setiap pos yang dilewati, dus kupon door prize, dua kupon makan siang yang bisa ditukarkan di tempat finish, dan asuransi bagi dua orang,” katanya.

BACA JUGA: Menyusuri Kedung Nganten Sleman yang Menakjubkan Mirip Grand Canyon

Pendaftaran Tour de Merapi

Sedangkan pendaftaran Tour de Merapi masih dibuka sampai dengan 12 Oktober 2022, baik secara offline maupun online.

Pendaftaran secara langsung dapat dilakukan di Lantai 2 Kantor Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, Jalan KRT Pringgodiningrat No. 13, Beran, Tridadi, Sleman.

Sedangkan pendaftaran online, melalui https://s.id/TDM2022 dengan syarat melampirkan salinan KTP, salinan SIM C dan STNK kendaraan yang digunakan serta salinan sertifikat vaksin.

Sedangkan untuk door prize yang tersedia pada TDM 2022 meliputi dua buah sepeda motor. Ada juga sepeda gunung, laptop, handphone, alat elektronik seperti LED TV. Serta door prize menarik lainnya.

“TDM tahun ini, Insya Allah menawarkan pengalaman menarik bagi peserta. Bersama kita menikmati keindahan alam, keramahan warga, kuliner dan atraksi seni budaya yang ada di Kabupaten Sleman,” katanya. ***

Sumber: Antaranews

Pos terkait