Borobudur Marathon Tahun Ini Hadir Berbeda, Menyasar Runner Muda

Borobudur Marathon
Peserta lari Borobudur Marathon 2021 ketika melintasi jalanan yang masih basah. (Instagram/@borobudur.marathon(

TURISIAN.com – Borobudur Marathon tahun ini akan hadir berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

Sebuah nomor lari baru akan dipersiapan untuk menyasar runner muda, yakni Young Talent.

Event lari paling bergengsi tanah di air ini terselenggara atas kerjasama Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Bank dengan Harian Kompas.

Ajang lari Borobudur Marathon 2022 tersebut jadwalnya  berlangsungpada Kawasan  Kompleks Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, 12-13 November 2022.

BACA JUGA: Rehat Sejenak di Balkondes Borobudur, Tempat Istirahat yang Asyik dan Nyaman

Komite Borobudur Marathon 2022, Sri Aswito Zainul, menjelaskan bahwa Young Talent menjadi upaya untuk mencari pelari elite masa depan.

“Sebelumnya ada Elite Race, tahun ini ada juga Young Talent. Ini upaya kami untuk meregenerasi elite-elite selanjutnya,” kata Sri Aswito Zainul—yang juga Event Manager Harian Kompas ini.

“Ini tahun pertama ada nomor lari Young Talent. Harapannya bisa menjadi satu suara kecil dari Borobudur Marathon untuk melahirkan calon-calon elite race ke depan,” sambungnya.

Adapun peserta Young Talent adalah para pelari berusia 15-18 tahun dan harus tergabung di dalam klub.

BACA JUGA: Event Kulminasi Matahari Bakal Lebih Meriah, Ada Atraksi Telur Berdiri Lho

“Ya tentu (peserta) terbatas dan mereka harus invitation. Ada beberapa syarat yang harus mereka lengkapi,” kata Sri Aswito Zainul.

“Mereka harus tergabung di klub dan memiliki pelatih. Itu beberapa persyaratan ikut Young Talent,” ucapnya.

Pendaftar Young Talent 100 Pelari

Sri Aswito Zainul mengungkapkan bahwa target pendaftar Young Talent adalah 100 pelari, tetapi hanya 30 yang akan ikut turun di Borobudur Marathon 2022.

“Target kami tidak banyak tahun ini 100 pelari. Sudah daftar 97, nanti kami cut (potong) menjadi 50,” ucapnya.

“Dari 50, kami kurasi lagi dari medis, psikologi, dan lain-lain. Kami ambil 30 pelari. Umurnya 15-18,” tutur Sri Aswito Zainul.

BACA JUGA: Event Lari CTC Berdampak Besar Terhadap Pariwisata Yogyakarta, Ini Kata PHRI

Adapun untuk menyambut Borobudur Marathon 2022, pihak penyelenggara menggelar Bank Jateng Friendship Run di empat kota, yakni Semarang, Jakarta, Medan, dan Makassar.

Event Bank Jateng Friendship Run Jakarta berlangsung di Musem Purna Bhakti Pertiwi, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur, Minggu (11/9/2022) pagi WIB.

Friendship Run di Jakarta ini digelar dengan rute sepanjang 5 km dan diikuti sekitar 1.000 pelari yang melibatkan 15 komunitas dari 5 kota. ***

Sumber: Kompas

Pos terkait