Event Kulminasi Matahari Bakal Lebih Meriah, Ada Atraksi Telur Berdiri Lho

Event Kulminasi Matahari
Sesi mendiriakan telur adalah atraksi yang bakal ditunggu-tunggu wisatawan, pada event Kulminasi Matahari di Kota Pontianak pada 21-23 September 2022. Foto: pontianakkota.go.id.

TURISIAN.com – Event Kulminasi Matahari yang digelar Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Dispora) Kota Pontianak, Kalimantan Barat bakal lebih meriah.

Hal ini mengingat makin longgarnya pelaksanaan event setelah pengendalian pandemi Covid-19 semakin membaik.

Pada event ini, yang paling unik adalah saat memasuki sesi telor berdiri.

Masyarakat akan bisa melihat detik-detik menjelang matahari tepat berada pada garis Khatulistiwa. Hal ini bisa terlihat dengan mendirikan telur-telur secara tegak pada kawasan Tugu Khatulistiwa.

BACA JUGA: Tiga Wisata Susur Sungai di Pulau Kalimantan yang Mesti Dicoba Sensasinya

Telur-telur tersebut berdiri tegak tanpa bayangan sehingga menjadi sebuah fenomena alam yang menarik. Dan, peristiwa ini hanya terjadi setiap dua kali dalam setahun.

Tepat nanti ketika matahari berada di atas kepala atau garis khatulistiwa dengan nol derajat. Maka setiap wisatawan bisa mendirikan telor.

Hari Tanpa Bayangan

Kulminasi ini juga terkenal dengan sebutan hari tanpa bayangan. Karena pada waktu itu, tepat matahari berada diatas benda yang ada sehingga bayangan itu tak nampak.

“Untuk event Kulminasi Matahari dalam tahap persiapan. Dan nantinya akan ada atraksi mendirikan telur, peragaan busana multi etnis, dragon boat, dan lomba model anak. Termasuk, festival musik akustik berikut agenda lainnya yang akan memeriahkan event tersebut,” kata Plt Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Pontianak, Aswin Dja’far, Rabu 24 Agustus 2022.

BACA JUGA: Menyusuri Kekayaan Rupa dan Istana Keraton Kadariah Pontianak

Ia berharap agar event kali ini bisa berjalan dengan lancar dan meriah.

“Kita ketahui selama dua tahun ini terjadi pandemi. Sehingga kegiatan -kegiatan yang kita gelar pun terbatas. Maka tahun ini kita berupaya untuk memeriahkan kegiatan tersebut,” ungkapnya.

Ia menyampaikan, bahwa pada event ini rencananya juga akan menghadirkan  Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno.

BACA JUGA: Hudoq, Tarian Mistis Penuh Makna Khas Suku Dayak Kalimantan Timur

Beberapa tahapan sudah mulai bergerak, guna menuju pelaksanaan event tahunan yang akan berlangsung pada tanggal 21-23 September 2022 tersebut.

Bahkan, kemarin  pihaknya telah menggelar rapat koordinasi dengan Wali Kota, Wakil Wali Kota dan beberapa OPD terkait.

Hasil dari rakor tersebut, bahwa Kulminasi tahun ini akan semakin meriah dari tahun-tahun sebelumnya.

Selain Kulminasi Matahari ini masuk pada 100 Kharisma Event Nusantara (KEN) 2022. Pada pelaksanaan event Kulminasi Matahari nantinya juga akan ada  berbagai penampilan lainnya. ***

Pos terkait