Berkunjung ke Museum Pos Indonesia Bandung yang Sudah Berdiri Sejak 1933

Museum Pos Indonesia
Museum Pos Indonesia. (Source: bandung.go.id)

TURISIAN.com – Kalau Sobat Turisian mencari alternatif objek wisata lain saat berkunjung ke Gedung Sate Bandung, bisa mampir ke Museum Pos Indonesia. Letaknya berada di sisi kanan gedung kebanggaan masyarakat Jawa Barat tersebut.

Museum ini beralamat lengkap di Jalan Cilaki No. 73, Kota Bandung. Keberadaan museum ini sudah berdiri sejak masa Hindia Belanda, tepatnya pada tahun 1933. Awalnya museum ini bernama Pos Telegraf dan Telepon (PTT).

Di destinasi wisata edukasi Kota Bandung ini, Sobat Turisian bisa melihat beragam koleksi yang berhubungan dengan perusahaan Pos. Salah satu yang paling menarik yaitu koleksi perangko pertama di dunia. Serta perangko pertama yang diluncurkan di Indonesia.

Tak hanya ada koleksi perangko, di Museum Pos Indonesia ini juga terdapat koleksi timbangan surat. Kemudian informasi tentang perkembangan pos di Indonesia dan koleksi lukisan yang menggambarkan sejarah Pos Indonesia.

Baca juga: 5 Library Café di Bandung, Nongkrong Asyik Sambil Baca Buku

Ada pula koleksi surat tua dan banyak informasi tentang tokoh-tokoh yang berperan dalam sejarah perkembangan pos di dunia maupun Indonesia. Tambah lagi koleksi alat cetak dan koleksi yang lainnya.

Objek wisata Museum Pos Indonesia Bandung ini sangat cocok menjadi tujuan liburan keluarga, teman maupun pasangan. Selain koleksinya yang menarik, bangunannya pun termasuk heritage yang cukup megah.

Terlebih lagi suasana sekitar museum yang cukup sejuk dengan banyaknya pepohonan rindang, membuat rasa nyaman dan betah. Jangan lupa mampir pula ke Taman Lansia yang ada persis di seberang museum. Atau agak jalan kaki sedikit, Sobat Turisian bisa sekalian berkunjung ke Museum Geologi dan kawasan kuliner di Cisangkuy.

Baca juga: Yuk Rekreasi Sambil Mengenal Sejarah di Museum Kota Bandung!

Buat Sobat Turisian yang memang tertarik untuk berkunjung, Museum Pos Indonesia buka pada hari Senin hingga Sabtu, dari pukul 09.00 WIB – 16.00 WIB. Khusus untuk hari Sabtu buka pada pukul 09.00 WIB sampai pukul 13.00 WIB.*

Pos terkait