Berburu Spot Foto Menarik di Bukit Selong, Bukit Cantik di Kaki Gunung Rinjani

Bukit Selong
Pengunjung sedang menikmati panoram Bukit Selong di Desa Sembalun, Lombok Timur. Foto: iStock

TURISIAN.com – Bukit Selong merupakan salah satu destinasi apik yang bisa kamu temukan di desa Sembalun, Lombok Timur.

Daripada harus capek-capek mendaki gunung hanya demi mencari spot foto yang kece. MendingĀ  kalian samperin aja bukit Selong ini, Guys.

Untuk menuju lokasi, Sobat Turisian hanya butuh naik tangga dalam waktu cukup singkat. Yakni sekitar satu sampai dua menit aja.

Tapi jangan salah, pemandangan alam yang luar biasa indah akan kamu dapatkan pada kawasan sini, lho.

Hmm, kira-kira apa aja, nih yang bisa kamu temukan ketika berkunjung ke bukit ini ?

BACA JUGA : Yuk Main ke Taman Langit Bukit Bengkaung Lombok yang Lagi Ngehits!

Lokasi camping Bagi traveler

Lanskap Gunung Rinjani

Wisata alam bukit Selong ini terletak pada kaki Gunung Rinjani, Guys. Ketika kamu sampai ke lokasi, keindahan lukisan alamnya tak terbantahkan lagi.

Udara sejuk yang menyelimuti lokasi bisa jadi sesuatu yang sangat istimewa dan sulit kamu dapatkan ketika berada pada kota-kota berdinding beton.

Aktivitas fotografi atau sekadar selfie sendiri menjadi cara asyik yang sering menjadi pilihanĀ  para traveler ketika mengunjungi lokasi ini.

Latar berupa Gunung Rinjani serta petak sawahnya ini, lho yang jadi sangat spesial dan sulit kamu dapatkan ketika berkunjung ke lokasi lainnya.

Lebih menariknya lagi, bukit Selong juga kerap menjadi lokasi camping bagi sebagian traveler. Gimana, masih berani nolak, Guys?

BACA JUGA: Pura Meru, Terbesar di Lombok yang Dibangun pada Tahun 1720

Situs Peninggalan Sejarah

Rumah adat Desa Beleq

Ketika kamu berkunjung ke bukit Selong, kalian akan memasuki area hutan bambu dan menemukan sebuah desa dengan 7 bangunan di sana. Komplek desa adat itu bernama desa adat Beleq.

Beleq merupakan bahasa sasak yang artinya besar. Bangunan yang kamu lihat di sini terbuat dari bambu dan berlantai tanah liat campur kotoran sapi.

Komplek rumah adat ini dilindungi pagar dan disebut tidak lagi ditinggali, Guys.

Rumah adat yang kamu temukan di desa Beleq ini sudah dijadikan situs peninggalan sejarah. Wah, wisata yang sangat menarik, ya.

Selain bisa mengintip keindahan bukit Selong, kamu juga bisa sekaligus melakukan wisata budaya juga di sini.

BACA JUGA: Unik! Kendi Maling, Kerajinan Tangan dari Desa Wisata Banyumulek Lombok

Cara menuju bukit Selong

Untuk menuju lokasi bukit Selong, kamu bisa berkendara dari Mataram dengan waktu tempuh sekitar 2-3 jam. Dari Mataram, kamu bisa memilih rute Mataram-Senggigi-Tanjung-Bayan-Sembalun.

Kamu juga bisa ambil alternatif lain dari Jl. Raya Mataram- Sikur, Jl. Segara Anakan, Jl. Wisata Gunung Rinjani hingga sampai di Sembalun Lawang.

Gimana, Guys, tertarik untuk mencoba mengabadikan foto di salah satu lokasi menarik dari bukit Selong ini?

Dijamin, pengalaman traveling kamu nggak cuma asyik untuk ber-selfie aja, kok. Wisata lainnya juga bisa menyempurkan traveling kamu ke tempat ini. Cobain, yuk! ***

 

Pos terkait