Keindahan Hutan Pinus Mangunan yang Memesona Bakal Bikin Kangen

Hutan Pinus Mangunan Yogyakarta
Hutan Pinus Mangunan Yogyakarta. (Source: visitingjogja)

TURISIAN.com – Destinasi wisata Hutan Pinus Mangunan Bantul punya keindahan alam yang memesona dan bakal bikin kangen kalau Sobat Turisian sudah sekali mengunjunginya. Susana asri, sejuk dan tenang, jauh dari hiruk pikuk perkotaan. Sangat cocok banget buat bersantai menenangkan diri.

Hutan Pinus Mangunan ini masuk ke dalam wilayah Desa Mangunan, Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Perjalanan ke tempat ini sangat mudah karena jalanan sudah beraspal dan penerangan sudah cukup baik.

Pada awalnya, sebelum jadi destinasi wisata yang populer seperti sekarang, hutan pinus inia adalah tanah yang tandus dan kering. Hingga akhirnya lahan 500 Ha ini ditanami aneka pepophonan seperti mahoni, akasia, merkusi, kayu putih, dan pinus. Pohon-pohon tersebut tumbuh subur dan area ini pun berkembang jadi tempat wisata.

Sobat Turisian bisa datang kapan pun ke objek wisata Yogyakarta yang satu ini, sebab buka setiap hari. Lebih indah, datang di kala pagi hari saat udara dingin namun menyegarkan. Lengkap dengan balutan beningnya embun pagi.

Pilihan waktu lainnya, berkunjung ketika sore hari. Sobat Turisian bisa menikmati suasana hutan yang syahdu dengan angin sepoi semilir menyentuh tubuh. Jamin deh kalian bakal rileks dan segar kembali, lepas dari rasa penat dari rutinitas.

Oh ya, di Hutan Pinus Mangunan Bantul ini pun tersedia dua gardu pandang. Gardu pandang pertama tidak terlalu tinggi, di sini Sobat Turisian bisa melihat kawasan hutan pinus ini dari atas.

Baca juga: Desa Wisata Gerbang Banyu Langit Bantul yang Nyaman Buat Wisata Keluarga

Sementara untuk gardu pandang kedua, lokasinya lebih tinggi dan terdiri dari dua lantai. Dari titik kedua ini Sobat Turisian bisa menyaksikan sensasi pemandangan alam hutan pinus dan kawasan sekitarnya yang hijau dan indah. Di atas gardu kedua ini anginnya cukup kencang membuat semakin rileks.

Spot Foto & Venue Event di Hutan Pinus Mangunan

Bagi Sobat Turisian pecinta fotografi atau penggemar wisata selfie, Hutan Pinus Mangunan akan memanjakan diri kalian. Hampir setiap sudut hutan pinus ini bisa menjadi spot foto yang instagenic dan ciamik. Baik itu swafoto maupun foto berkonsep seperti pre wedding dan foto angkatan.

Ada sejumlah spot foto di sini yang favorit pengunjung. Di antaranya panggung dan kursi kayu, spot segitiga akar, sarang burung, rumah pohon, spot tangan dewa, dan masih banyak lagi. Nah kalau sudah lelah berkeliling dan hunting foto, Sobat Turisian bisa beristirahat di bangku-bangku kayu lucu yang tersedia di objek wisata Bantul ini

Tak hanya menyajikan spot foto, Wisata Hutan Pinus Mangunan ini pun sudah sering menjadi venue berbagai event. Panggung kayu yang unik dengan bangku-bangku kayu memanjang seperti amfiteater, sangat pas buat pagelaran seni. Jika Sobat Turisian ke spot ini dan kebetulan tidak ada acara, kalian bisa puas foto-foto cantik di situ.

Harga Tiket & Fasilitas Hutan Pinus Mangunan

Semua pesona dan aktivitas seru di objek wisata Yogyakarta ini bisa Sobat Turisian dengan hanya membayar tiket parkir. Untuk motor sebesar Rp 3000,- dan Rp 10.000,- untuk mobil.

Baca juga: Jurang Tembelan Bantul Sajikan Pesona Alam yang Mantap Betul

Wisata Hutan Pinus Mangunan ini juga sudah memiliki fasilitas yang lengkap. Seperti area parkir yang luas, toilet, musala, dan warung makanan. Lokasi ini juga sangat cocok sebagai lokasi outbond dan kegiatan outing lainnya.*

Pos terkait