Eksotisme Curug Luweng Sampang Yogyakarta yang Memikat Mata

Curug Luweng Sampang
Curug Luweng Sampang, Gunungkidul, Yogyakarta. (iStock)

TURISIAN.com – Gunungkidul Yogyakarta memang tak akan kehabisan dengan stok objek wisata alam. Banyak pilihan yang menarik buat jadi tujuan liburan Sobat Turisian nanti. Salah satu yang wajib kalian kunjungi yaitu Curug Luweng Sampang.

Begitu tiba di lokasi, Sobat Turisian akan terkagum-kagum dengan air terjun ini yang tampak terukir di sebuah tebing batu. Terlihat pula garis-garis lengkung mengikuti struktur dan bentuk batu membuat harmoni yang pas di tebing batu tersebut.

Garis-garisnya sangat indah dan rapi membentuk pola seragam, seolah-olah hasil ukiran tangan-tangan para seniman. Padahal faktanya, hasil proses pembentukan secara alami, mungkin karena batu tersebut sudah cukup lama terkena air jadi tergerus mengikuti aliran air.

Tampak pula dua buah batu besar mengapit saluran kecil air terjun yang tidak pernah berhenti bersuara dengan gemericik air yang deras dan indah. Sajian itulah yang menjadi kesan pertama saat mengunjungi objek Curug Luweng Sampang Yogyakarta.

Baca juga: Pesona Pantai Wediombo yang Indah dan Unik dengan Hiasan Bebatuan Purba

Curug Luweng Sampang memiliki tinggi kurang lebih 5 meter dengan lebar sekira 1,5 meter. Sisi kanan kirinya merupakan bebatuan besar hingga mirip dengan sebuah bukit kecil. Sobat Turisian bisa memanfaatkan pesona air terjun ini buat latar swafoto yang ciamik dan instagenic.

Kerennya lagi, keunikan dari pola bebatuan curug di Gunungkidul ini, memiliki kemiripan dengan yang ada di Antelope Canyon, Amerika Serikat.  Perbedaannya hanya terletak pada warna bebatuannya.

Daya tarik di destinasi wisata yang satu ini, yaitu di balik Curug Luweng Sampang terdapat terowongan kecil. Konon menurut cerita masyarakat setempat, terowongan tersebut sebagai tempat pertapaan Sunan Kalijaga.

Lokasi Curug Luweng Sampang Yogyakarta

Destinasi wisata curug ini berlokasi di Dusun Karangasem, Sampang, Gedangsari, Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta. Perjalanan menuju tempat ini lebih mudah Sobat Turisian jangkau melalui Jalan Jogja-Solo, karena jalannya rata dan minim tanjakan yang berkelok-kelok.

Baca juga: Tiga Pantai di Gunungkidul Yogyakarta dengan Aktivitas Watersport Seru

Kemudian ikuti arah jalan tersebut kira-kira ke arah tenggara, nanti Sobat Turisian akan sampai ke Desa Sampang ini. Jika kalian masih merasa bingung, jangan malu bertanya kepada warga sekitar yang ada di sana.*

 

Pos terkait