Indahnya Pulau Labengki Sombori, Surga Tersembunyi di Sulawesi

Pulau Labengki Sombori
Keindahan Pulau Labengki Sombori di Sulawesi Tenggara ini disebut-sebut menyamai Raja Ampat. (Instagram/@atupatotour's profile picture atupatotour)

TURISIAN.com – Liburan akhir pekan kira-kira mau traveling ke mana, Guys? Jika kamu belum ada rencana, coba deh sambangi Pulau Labengki Sombori ini.

Di sana, kamu akan takjub dengan pemandangan super cantik yang disebut-sebut mirip banget dengan  Raja Ampat.

Yapt! Salah satu destinasi wisata unik itu bernama pulau Labengki dan Sombori. Pulau Labengki memiliki gugusan pulau karang yang tersebar di beberapa titik.

Pemandangan di sini sudah tidak diragukan lagi, Guys kecantikannya. Banyak hal bisa kamu lakukan, termasuk menikmati keindahan bawah laut yang menakjubkan.

Tak jauh dari pulai Labengki, ada juga pulau Sombori yang asyik banget untuk di-explore. Pulau ini terletak di Desa Mbokitta di Kecamatan Menui kepulauan, Morowali.

BACA JUGA: Jelajah Wisata Puncak Masalili Sulawesi Tenggara yang Bikin Takjub

Sombori memiliki gelombang laut yang sangat tenang. Jika beruntung, kamu pun bisa menikmati atraksi lumba-lumba atau ikan paus yang sedang menari mengejar ikan.

Daripada kamu penasaran, intip yuk keindahan alam Labengki dan Sombori ini, Guys! Kira-kira apa saja yang bisa kamu temukan di pulau cantik ini?

Raja Ampatnya Sulawesi

Saking indahnya, Labengki disebut sebagai miniaturnya Raja Ampat, Guys. Kekayaan alam yang dimiliki pulau ini rupanya tak berbeda jauh dengan apa yang bisa kamu temukan di Raja Ampat.

Berkat keindahan alamnya, tak salah jika Labengki menjadi surga bagi para traveler yang berkunjung ke sana. Gugusan pulau karang serta jernihnya air lautnya itu, lho, bikin hati traveler nggak bisa move on!

Di atas batu karang yang menjulang, kamu pun bisa mengabadikan momen spesial selama berada di sana.

Birunya air laut serta hamparan langit bernuansa sama membuat Labengki jadi spot foto yang wajib banget traveler coba!

BACA JUGA: Ragam Keindahan Tepi Pantai di Polewali Mandar Sulawesi Barat yang Bikin Rindu Berat

Snorkling Dan Mancing

Di Labengki, kamu bisa melakukan banyak hal menarik, termasuk menyelam, berputar-putar mengelilingi pulau sampai puas, bahkan memancing ikan.

Kamu bisa membakar ikan hasil tangkapanmu di salah satu pantai berpasir putih di sana. Sambil selonjoran dan rehat sejenak, kamu juga bisa menyantap ikan bakar.

Ikan segar yang baru saja kamu peroleh akan terasa nikmat banget meski tanpa bumbu. Gimana,  jadi pengen ikutan juga, ‘kan?

BACA JUGA: Museum Bharugano Wuna, Wisata Edukasi Menarik di Pulau Muna Sulawesi Tenggara

Surga bagi penikmat dunia bawah laut

Bagi kamu yang suka menyelam dan melihat keindahan biota laut, Sombori menjadi salah satu destinasi yang tepat, Guys.

Terumbu karang yang terawat serta aneka penghuni bawah laut yang sangat cantik siap menyambut kehadiran kamu di sana.

Selain menikmati wisata bawah laut, kamu juga bisa bertualang melihat goa-goa cantik dengan danau air payau yang terletak di dalamnya. Unik dan pastinya keren banget, Guys!

BACA JUGA: Pacu Adrenalin di Arung Jeram Sungai Tinukari Sulawesi Tenggara

Keindahan Sombori

Meski Labengki dan Sombori berdekatan, tetapi keduanya teretak di wilayah berbeda, Guys. Labengki terletak di Sulawesi Tenggara sedangkan Sombori ada di Sulawesi Tengah.

Setelah puas berkeliling melihat pemandangan menakjubkan dari Labengki, giliran Sombori yang akan memanjakan mata kamu.

Dari semua yang bisa kamu lihat di atas karang, mulai dari rimbunnya pohon, jernihanya air serta gugusan karang yang sangat cantik, mana sih yang akan kamu sapa duluan ketika tiba pertama kali di pulau ini?

Adu keberuntungan kamu dengan menaiki perahu nelayan, siapa tahu bisa bertemu lumba-lumba dan ikan paus di seberang lautan.

Atraksi Lumba-lumba

Pemandangan lain yang tak boleh dilewatkan tentu saja melihat atraksi lumba-lumba atau ikan paus ketika berlarian mengejar ikan.

BACA JUGA: Mengagumi Keindahan Arsitektur Masjid 99 Kubah di Kota Makassar

Sobat Turisian, kamu bisa menaiki perayu nelayan untuk mencoba keberuntungan.

Siapa tahu ketika kamu sedang melintas, lumba-lumba sedang muncul sambil malu? Hm, semua bisa saja terjadi, ‘kan?

Berkeliling dari satu pulau ke pulau lainnya hingga melatih ketangkasanmu menaiki karang untuk sampai ke tebing Kahyangan menjadi pengalaman traveling yang sungguh sangat menyenangkan

Fasilitas di Sombori ini masih minim banget, Guys. Jadi, bagi traveler yang ingin menikmati keindahan alamnya memang perlu usaha lebih keras demi mendapatkannya.

Sebelum sampai di tebing Kahyangan, kalian perlu mendaki bebatuan terjal dan keras. Bisa jadi tanganmu sedikit melepuh bahkan mengelupas.

BACA JUGA: Pantai Punagaan, Pesona Keindahan Alam di Pesisir Timur Kepulauan Selayar

Tapi pemandangan yang terbentang di depan mata tepat ketika kamu mencapai lokasi menjadi obat paling mujarab yang nggak bisa terbantahkan!

Selain menyelam, kamu juga bisa menjelajahi beberapa pulau yang ada di sana. Seru-seruan sambil melihat pulau tak berpenghuni menjadi sebuah pengalaman traveling yang mengagumkan.

Gimana, Sobat Turusian? Indah banget, ‘kan pulau-pulau di Sulawesi ini?

Bagi kamu yang termasuk wisatawan backpacker, Labengki dan Sombori menjadi destinasi wisata yang sangat tepat untuk dikunjungi.

Sudah banyak backpacker yang berhasil meng-explore keindahan alam keduanya. Apakah kamu mau menjadi wisatawan yang berikutnya. ***

 

 

Pos terkait