Ingin Travelling Tanpa Bikin Kantong Jebol? Tempat Wisata Ini Bisa Jadi Pilihan

Travelling
Wisatawan ini bersama anak-anak berlari di Pantai Pulau Merah, Banyuwangi, JawaTimur. Foto: iStock

TURISIAN.com – Travelling sudah menjadi kebutuhan wajib bagi orang-orang zaman now.

Tingkat kepenatan aktivitas sehari-hari selalu menjadi alasan untuk mencari tempat wisata yang bisa me-refresh otak.

Apalagi Indonesia termasuk negara yang memiliki beragam destinasi wisata.

Mulai dari pantai, pegunungan, taman nasional, tempat bersejarah, hingga theme park semua ada.

Tinggal kalian mau memilih travelling atau liburan yang mana. Dan harus sesuai  dengan budget yang ada.

Untuk yang berdompet tebal mungkin tak terlalu bikin pusing dengan persoalan biaya. Lain halnya jika duit pas-pasan, pasti akan berpikir bagaimana caranya bisa travelling tanpa bikin kantong jebol.

BACA JUGA: Liburan di Kota Bandung, Ini 5 Taman Tematik yang Asyik Sekaligus Berdekatan

Inilah tempat wisata di Jawa Timur yang bisa kalian kunjungi. Harga tiket masuknya nggak sampai sepuluh ribu rupiah, lho.

Dan pemandangannya juga nggak kalah ciamik dengan tempat wisata mahal. Penasaran? Silahkan baca sampai habis, ya.

1. Pantai Pasir Putih Situbondo

Pasirnya berwarna putih, keindahan alamnya khas seperti pantai kebanyakan. Sebenarnya tempat wisata ini cukup indah, tapi kurang terjaga kebersihannya.

Jika ingin bermalam, banyak tersedia penginapan dengan pemandangan langsung menghadap pantai, harganya pun relatif murah.

Di sini juga tersedia perahu untuk disewa. Biasanya pengunjung akan diajak mengelilingi pantai dan berhenti di sebuah titik untuk menikmati keindahan ekosistem dalam laut.

2. Pantai Pulau Merah Banyuwangi

Jawa Timur juga memiliki tempat wisata seperti di Bali, lho, Guys. Pantai Pulau Merah ini banyak disebut sebagai Kuta-nya Jawa Timur oleh para wisatawan.

Keindahannya yang unik akan membuat kalian betah berlama-lama di pantai ini. Berbentuk menyerupai gunung yang dikelilingi laut, dengan pulau bepasir merah.

Nama pantai merah juga diambil dari warna bebatuan yang tampak berwarna merah. Selain itu, tempat ini juga menjadi surga bagi para peselancar karena ombaknya lumayan tinggi.

BACA JUGA: Liburan ke Desa Namu Konawe Selatan dengan Alamnya yang Memesona

Mengunjungi Museum Rokok

3. House of Sampoerna Surabaya

Berjalan-jalan di kota pahlawan tak lengkap rasanya jika kalian belum mampir kesini. House of Sampoerna merupakan sebuah museum rokok yang didirikan di daerah kota tua Surabaya.

Bangunan yang sudah ada sejak zaman kolonial ini dulunya merupakan panti asuhan, kemudian dibeli oleh pemilik Sampoerna untuk dijadikan tempat produksi rokok.

Kalian bisa melihat pembuatan rokok secara langsung di lantai dua. Selain itu, disediakan juga bus untuk berkeliling kota Surabaya secara gratis.

4. Puncak B29

Kalau kalian pernah berwisata ke gunung Bromo atau Semeru, lokasi puncak B29 ini berdekatan dengan kedua gunung tersebut. Biasa dikenal dengan sebutan negeri di atas awan karena keindahannya.

Kalian bisa melihat hamparan awan putih, sunset, dan sunrise yang tak kalah bagus dari pemandangan gunung Bromo.

Nama B29 sendiri beraasal dari ketinggiannya yang mencapai 2900 mdpl atau orang -orang menyebut puncak songolikur (dua puluh sembilan).

Ada juga versi yang menyebutkan bahwa B berarti Bukit dan 29 merupakan nomor urutannya. Untuk sampai ke sana, kalian cuma harus mempersiapkan uang sebanyak 3.000 perak saja. Murah kan, Guys

BACA JUGA: 9 Trik Jitu Ketika Traveling Bersama Balita dan Anak Kecil

5. Gua Gong Pacitan

Tempat wisata Goa Gong terletak atau masuk wilayah Pacitan. Kota dengan sekelilingnya  gunung Kapur tersebut memiliki tanah yang kering dan tandus. Namun ada daya tarik yang luar biasa di bagian bawah permukaannya.

Keindahan Gua Gong bahkan membuat wisatawan menyebutnya sebagai Gua terindah se-Asia Tenggara.

Dalamnya terdapat stalaktit dan stalakmit yang sangat indah. Selain itu, juga terdapat beberapa sumber mata air yang konon masyarakat mempercayainya  dapat menyembuhkan berbagai penyakit.

Itulah beberapa tempat wisata di Jawa Timur yang layak untuk dikunjungi dan nggak bikin kantong jebol. Jadi, kapan Sobat Turisian mau pergi kesana?

Pos terkait