Festival Tabot Bengkulu Dibidik Menjadi Event Internasional, Kapan ?

Festival Tabot Bengkulu
Suasana Festival Tabot di Kota Bengkulu. Foto: iStock

TURISIAN.com – Kemeriahan terlihat pada pembukaan Festival Tabot Bengkulu 2022 yang di Lapangan Merdeka Kota Bengkulu, Selasa malam 2 Agustus 2022.

Peresmian pergelaran seni dan budaya yang masuk dalam Kharisma Event Nusantara (KEN) ini dihadiri langsung Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno.

Dalam sambutannya, mengatakan bahwa pihaknya  berencana untuk menjadikan Festival Tabut Bengkulu tahun berikutnya (2023) sebagai kegiatan Internasional.

BACA JUGA: Jelajahi Tiga Air Terjun Memesona di Rejang Lebong Bengkulu

Keputusan itu, karena melihat festival ini memiliki keunikan khas Provinsi Bengkulu. Dan menjadi tradisi memperingati hari besar Islam.

Oleh karena itu, dirinya akan mengirimkan surat ke seluruh tamu mancanegara dan duta negara untuk hadir memeriahkan Festival Tabot Bengkulu.

Kegiatan Turun-temurun

Selain itu, Festival Tabot merupakan kegiatan turun temurun yang memiliki dampak ekonomi dan wisata yang berkelanjutan. Khususnya sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Provinsi Bengkulu.

BACA JUGA: Tiga Objek Wisata Bengkulu yang Menarik Buat Dinikmati Saat Liburan

“Selamat dan sukses penyelenggaraan Tabut 2022 dan lestarikan kebudayaan dengan tetap mendukung UMKM,” ujarnya.

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah mengatakan bahwa animo masyarakat sangat tinggi menyambut pergelaran Festival Tabut pada tahun ini.

“Sebab telah dua tahun Festival Tabut tidak terlaksana akibat pandemi COVID-19,” terangnya.

Lanjut Rohidin, Pemerintah Provinsi Bengkulu mendukung rencana Menparekraf untuk menjadikan Festival Tabut masuk dalam kegiatan bertaraf  internasional. ***

Sumber: Antaranews

Pos terkait