Pantai Tikus Emas, Jangan Tinggalkan Saat Berkunjung ke Bangka

Pantai Tikus Emas
Pantai Penyusuk Belinyu, Bangka Utara salah satu kawasan wisata di Kabupaten Bangka,Provinsi Bangka Belitung. (Instagram/@desi_zury)

TURISIAN.com – Berkunjung ke Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung jangan tinggalkan Pantai Tikus Emas. Tidak jauh dari ibu kota Kabupaten Bangka, Sungailiat ada garis pantai yang cukup indah.

Itu pula sebabnya, pantai ini menjadi daya tarik wisata alternatif bagi masyarakat dan wisatawan yang berkunjung ke kawasan tersebut.

Saat libur akhir pekan atau libur-libur besar lainnya, pantai ini dipenuhi pengunjung. Tak terkecuali, mereka yang datang dari luar Bangka.

Petugas pantai Tikus Emas Wasis Pujo Pranoto mengatakan sudah sekitar 600 wisatawan yang berkunjung ke pantai ini sepanjang Juli 2022. Data ini berdasarkan jumlah tiket masuk yang terjual.

BACA JUGA: Puri Tri Agung, Wisata Religi Populer di Bangka dan Simbol Tiga Ajaran Agama

“Wisatawan yang berkunjung berasal dari berbagai kota di Provinsi Bangka Belitung,” katanya, belum lama ini.

Harga tiket masuk ke Pantai Tikus Emas Sungailiat sebesar Rp5.000 per orang, parkir mobil Rp5.000 dan motor Rp2.000.

Dia mengatakan Pantai Tikus yang terletak tidak jauh dari pusat ibu kota Bangka menjadi salah satu objek wisata pantai yang banyak diminati wisatawan.

Bahkan pada libur tertentu seperti tahun baru dan libur panjang lainnya banyak wisatawan dari luar pulau Bangka seperti Palembang, Jakarta sengaja berkunjung.

BACA JUGA: Menanti Sunset yang Memesona di Pantai Tikus Bangka

Pengelolaan Pantai Tikus Emas tidak hanya menyajikan keindahan alam pantai. Namun pengunjung dapat menikmati kuliner di restoran, motor ATV, tenda pantai untuk bersantai bersama keluarga.

Dia mengatakan aktivitas wisatawan berkunjung di pantai berangsur pulih setelah pandemi COVID-19 sehingga angka kunjungan wisatawan sudah mulai membaik.

Jika dibandingkan dengan bahari lain yang berada di Babel memang Pantai Tikus Emas ini tergolong masih baru, tapi jangan berpikir kalau pantai ini sepi. Sebaliknya bahari tersebut sangatlah ramai apalagi di saat musim liburan tiba.

BACA JUGA: Pantiaw Khas Bangka, Olahan Inovasi Pengganti Nasi

Cerita Dibalik Pantai Tikus

Berdasar cerita warga  setempat, pantai ini dulunya merupakan kawasan yang banyak berkeliaran tikus. Bahkan jika melihar dari kejauhan atau dari atas bukit bentuknya sendiri memang menyerupai tikus.

Pantai ini juga terkenal memiliki banyak jalan tikus sehingga kalian bisa berpetualang dari satu jalur ke lajur lainnya.

Menurut masyarakat setempat, jalan setapak tersebut biasa menjadi jalan para pencari timah ilegal untuk membawa barang galian ke sisi pantai.

Pantai yang terletak sekitar 5 kilometer dari Kota Sungailiat, Kabupaten Bangka ini bisa terlihat langsung dari Pantai Tanjung Pesona lantaran letaknya tepat di sisi selatan pantai ini.

BACA JUGA: Resep Lempah Kuning yang Menyegarkan, Kekayaan Rasa dari Bangka

Namun, tentunya melihat dari kejauhan berbeda dengan melihatnya secara langsung. Sobat Turisian, tak akan menyesal mengunjungi pantai ini karena keindahannya akan memikat siapa pun yang datang.

Pasir putih yang terhampar luas dengan pohon cemara nan rindang membuat betah tinggal berlama-lama ke pantai ini.

Bongkahan batu besar yang tersusun dengan rapi seakan menemani pasir putih turut mempercantik Pantai Tikus Emas ini.

Udaranya pun relatif lebih sejuk setidaknya dengan pantai lain yang juga berada pada kawasan Babel.

Sayangnya, ombak Pantai Tikus Emas tergolong besar bahkan saat gelombang pasang dapat mencapai ketinggian lebih dari 1.5 meter. ***

Pos terkait