Torch Relay ASEAN Digelar, Ini Harapan Menparekraf Sandiaga Uno

Torch Relay ASEAN
Memparekraf Sandiaga Uno didampingi Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka membawa obor keliling Kota Solo. Foto-foto: Dok Kemenparekraf
Para games3
Para games2
Para Games
Para games3 Para games2 Para Games

TURISIAN.com – Torch Relay ASEAN Para Games Solo 2022 sebagai bentuk simbolis pembukaan acara ASEAN Para Games 2022, Sabtu 24 Juli 2022, berlansung di Solo, Jawa Tengah.

Pada kesempatan tersebut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno berkesempatan membawa obor ASEAN Para Games yang diarak keliling Kota Solo bersama Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka.

Tidak hanya itu, beberapa artis tanah air ikut pula menyemarakan event launching Asian Para Games yang bakal berlansung pada 30 Juli – 6 Agustus 2022 mendatang.

Rangkaian arak-arakan obor Torch Relay ASEAN itu mulai dari Sala View Hotel, Purwosari, menuju ke Stadion Sriwedari.

BACA JUGA: Kenny Santana, Berbagi Tips Jitu Atur Keuangan Bagi Si Solo Traveller

Sesampainya ke Stadion Sriwedari, Menparekraf Sandiaga Uno beserta Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka melakukan Victory Lap.

ASEAN Para Games adalah acara multi-olahraga dua tahunan yang akan berlangsung setelah Pesta ASEAN Games

Nantinya, event ini  akan melibatkan atlet penyandang cacat dari 11 negara Asia Tenggara. Yakni Indonesia, Vietnam, Brunei Darussalam, Kamboja, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, dan Timor Leste.

Kegiatan ASEAN Para Games yang ke-11 bakal kedatangan 2.000 peserta. Yakni,  1.800 peserta berasal dari mancanegara (negara anggota ASEAN).

Sedangkan untuk  cabang olaharaga akan menampilkan  sebanyak 14 (empat belas) cabang. Acara ini juga menjadi harapan mendatangkan multiplier effect yang besar bagi perekonomian.

Menjadi Pemantik Kebangkitan Pariwisata

Sandiaga Uno dalam penyataannya berpesan agar masyarakat memberikan dukungan penuh terhadap ajang tersebut. Karena Indonesia akan menyambut begitu banyak atlet dan official dari mancanegara.

BACA JUGA: Inilah 3 Tempat Wisata di Solo yang Ramah Anak, Bisa Bermain Sekaligus Belajar!

“Ini yang kita harapkan bisa menjadi pemantik kebangkitan bukan hanya olahraga kita. Tapi juga kebangkitan pariwisata dan ekonomi Kota Solo, Jawa Tengah, dan juga Indonesia”.

Ia pun  berharap dengan adanya acara rangkaian Torch Relay ini dapat meningkatkan awareness semua pihak terkait ajang ASEAN Para Games 2022.

Sekaligus juga mendongkrak branding Indonesia sebagai tuan rumah acara sebagai upaya mendorong ekonomi tanah air pascapandemi.

Sandiaga mendapatkan arahan langsung dari Presiden terkait tugasnya untuk mengawal event ASEAN Para Games dalam upaya untuk mendongkrak performa pariwisata di Indonesia.

BACA JUGA: Kawasan Wisata dan Kuliner Solo Dipadati Pengunjung, Dimana Saja?

“Selain itu juga untuk mendongkrak penjualan omzet produk ekonomi kreatif dan UMKM kita. Kami lihat tadi kerajinan dan juga reog di tampilkan. Ini satu kesatuan kami fokuskan sebagai awal kebangkitan,” ujar Menparekraf.

Beberapa pejabat tampak hadir kemarin. Seperti  Direktur Event Nasional dan Internasional Kemenparekraf, Dessy Ruhati. Dan Kepala Biro Komunikasi, I Gusti Ayu Dewi Hendriyani.

Hadir juga dalam kesempatan ini Ketua NPC Indonesia Senny Marbun, Sekjen APSF (Asean Para Sport Federation) Senior Colonel Wandee Tosuwan dari Thailand. Dan anggota APSF dari Malaysia serta para pengurus INASPOC. ***

Pos terkait