Catat Traveller, 2 Tipe Iphone Ini Tak Lagi Bisa Terima WhatsApp

Tipe Iphone
Telepon Selular (Ponsel) produksi Apple, iPhone. Foto: Getty Images/Ekaterina79

TURISIAN.com – Traveller yang kebetulan menggunakan telepon selular dengan tipe iPhone, coba dicek kembali. Pasalnya, ada 2 jenis Iphone yang bakalan tidak bisa lagi menggunakan aplikasi WhatsApp.

WABetaInfo melaporkan WhatsApp tidak akan bisa lagi masuk iPhone yang menjalankan iOS 10 dan iOS 11 setelah 24 Oktober 2022.  Jenis iOS ini menempel pada iPhone 5 dan iPhone 5 C.

Nah, buat Sobat Turisian  yang masih ingin menggunakan WhatsApp setelah tanggal tersebut dianjurkan untuk memperbarui sistem operasinya ke iOS 12.

“Update ke versi terbaru iOS untuk terus menggunakan WhatsApp,” tulis pesan pop-up yang muncul dalam aplikasi WhatsApp, seperti dikutip dari 9to5Mac, Senin 23 Mei 2022.

BACA JUGA: Diskon Tiket Kereta Api, Plus Tarif Promo, Simak Rute Berikut Ini

“WhatsApp akan berhenti mendukung iOS versi ini setelah 24 Oktober 2022. Mohon masuk ke Settings > General, kemudian ketuk Software Update untuk mendapatkan iOS versi terbaru,” sambungnya.

Saat ini perangkat iOS 11 yang bisa memperbaharui ke iOS 12 adalah iPhone 5S, iPhone 6, dan iPhone 6S.

iPhone Harus Menjalankan iOS 12

Artinya ketiga iPhone ini harus memperbarui ke iOS 12 jika masih ingin menggunakan WhatsApp.

Sayangnya, ada dua iPhone yang menjalankan iOS 10 dan iOS 11 tapi tidak bisa beralih ke iOS 12 yaitu iPhone 5 dan iPhone 5c. Dua iPhone ini tidak bisa lagi menggunakan WhatsApp setelah 24 Oktober 2022.

BACA JUGA: Rekreasi Sambil Edukasi Teknologi di Baron Technopark Yogyakarta

Di laman Help Center, WhatsApp sebenarnya sudah menjelaskan bahwa pengguna iPhone harus menjalankan iOS 12 atau yang lebih baru untuk tetap menggunakan WhatsApp.

Dukungan untuk Android juga membatasi hanya  Android 4.1 atau yang lebih baru.

iPhone 5 dan iPhone 5c sendiri usianya sudah hampir 10 tahun. Jadi cukup wajar kalau dukungan untuk kedua ponsel ini mulai dihentikan.

Apple sendiri juga sudah menghentikan dukungan update software dan keamanan untuk iPhone 5 dan iPhone 5c sejak lama.

BACA JUGA: Pussenarhanud akan Bangun Sport Centre Sekaligus Taman Rekreasi

Sebagaimana informasi yang beredar, WhatsApp  sendiri selalu mendukung fitur untuk beberapa versi Android dan iOS.

Hal ini  memungkinkan perusahaan memperkenalkan fungsionalitas tertentu yang mungkin tidak berfungsi pada sistem operasi lama.

Sempat beredar sebelumnya bahwa WhatsApp berencana untuk mendukung iOS 10 pada akhir tahun lalu, tetapi berita itu kemudian terbantahkan.

Baru sekarang, karena beberapa alasan internal, WhatsApp  benar-benar berencana menghapus iOS 10 dan iOS 11.

Kendati iOS 10 atau iOS 11 bisa memperbahrui ke iOS 12, sayangnya WhatsApp tidak lagi kompatibel dengan iPhone 5 dan iPhone 5C.

Kok bisa. Ya karena tipe Iphone iOS 12 tidak tersedia untuk perangkat ini. ***

Pos terkait