Wisata Seni dan Budaya yang Menyenangkan di Desa Gegesik Kulon Cirebon

Desa Wisata Gegesik Kulon
Kerajina seni pembuatan wayang kulit di Desa Gegesik Kulon Cirebon.

TURISIAN.com – Bosan dengan wisata alam, Sobat Turisian bisa mencoba keseruan wisata seni dan budaya asli Indonesia. Seperti di Desa Wisata Gegesik Kulon di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.

Atraksi budaya tradisional menjadi daya tarik utama di desa seluas 402 hektar ini. Berkat daya tarik itulah, membawa Desa Wisata Gegesik Kulon masuk dalam 50 besar desa wisata terbaik dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021.

Nah di bawah ini ada sejumlah atraksi wisata seni dan budaya yang bisa Sobat Turisian nikmati saat berkunjung ke desa wisata tersebut, antara lain:

1. Menyaksikan Tari Topeng di Gegesik Kulon

Desa Wisata Gegesik Kulon

Liburan di Desa Gegesik Kulon, Sobat Turisian bisa menyaksikan pertunjukan Tari Topeng 5 Wanda dan Rampak Kendang. Biasanya tampil sebagai bentuk penyambutan bagi tamu yang berkunjung ke desa wisata di Cirebon ini.

Baca juga: 4 Keraton di Cirebon, Wisata Sejarah Menarik Buat Tambah Wawasan

Di sana ada Sanggar Griya Super yang masih terus aktif menjaga kelestarian tarian dan alat musik tradisional tersebut. Sobat Turisian bisa melihat proses latihan sebagai persiapan pementasannya di Sanggar Griya Super. Bahkan bisa ikut juga mengikuti pelatihan permainan kendang jika memiliki waktu luang. Pelatihan ini biasanya memakan waktu hingga 4 bulan.

2. Kerajinan Ukiran Kayu Jati Desa Gegesik Kulon

Aktivitas seni dan budaya di desa ini berikutnya, yaitu kerajinan seni ukir kayu jati yang lama ditekuni warga setempat. Hingga menjadi salah satu produk budaya khas Desa Wisata Gegesik Kulon yang masih lestari hingga kini.

Secara kualitas, produk ukiran kayu jati ini termasuk salah satu yang terbaik di Indonesia. Di tempat ini, Sobat Turisian tak hanya melihat pembuatannya, tapi dapat langsung mencoba mengukir kayu jati dari para pengrajin. Hal tersebut sebagai bagian dari edukasi budaya.

Sobat Turisian juga bisa membelinya produk-produk kerajinan kayu jati di desa ini sebagai cendera mata.

3. Kerajinan Wayang Kulit Desa Gegesik Kulon

Selain kerajinan ukiran jati, desa wisata ini pun memiliki produk seni dan budaya khas lainnya. Yaitu kerajinan wayang kulit tatah sungging. Sebuah seni kerajinan yang sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat setempat, sehingga keberadaannya masih lestari.

Baca juga: Rekomendasi 5 Tempat Makan di Cirebon yang Terkenal Lezat

Di sentra wayang kulit ini, Sobat Turisian dapat menyaksikan langsung proses pembuatan wayang kulit sambil berbincang santai dengan para pengrajinnya. Juga dapat membelinya sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang.*

 

 

 

Sumber & Foto: indonesia.travel

Pos terkait