Candi Sambisari yang Unik, Dibangun di Bawah Permukaan Tanah

Candi Sambisari
Bangunan Candi Sambisari berdiri indah di taman yang menjorok di bawah permukaan tanah sekitarnya.

TURISIAN.com – Yogyakarta banyak memiliki objek wisata candi yang menarik buat Sobat Turisian kunjungi saat liburan. Namun di antara objek candi di sana, ada satu yang unik dan berbeda dengan lainnya, yaitu Candi Sambisari yang dibangun di bawah permukaan tanah.

Candi bercorak Hindu ini, terletak sekitar 6,5 m di bawah permukaan tanah. Sehingga Sobat Turisian tak akan bisa melihatnya dari kejauhan. Menurut dugaan, dahulu permukaan tanah di sekelilingnya tidak lebih tinggi dari lahan datar tempat Candi Sambisari berada.

Namun tanah pasir dan bebatuan yang terbawa oleh letusan Gunung Merapi pada tahun 1006 telah menimbun daerah tersebut. Akibatnya, Candi Sambisari ikut terbenam dan membuat posisinya menjadi lebih rendah dari permukaan tanah di sekelilingnya. Kini lahan di sekeliling candi telah digali dan tertata, membentuk lapangan persegi dengan tangga di keempat sisinya.

Pembangunan candi Hindu beraliran Syiwa tersebut diperkirakan pada awal abad ke-9 oleh Rakai Garung, seorang Raja Mataram Hindu dari Wangsa Syailendra. Di sana, Sobat Turisiam bisa melihat 1 buah candi induk dan 3 buah candi pendukungnya. Lalu ada juga 8 buah lingga patok yang tersebar sesuai penjuru arah mata angin.

Baca juga: 5 Objek Wisata Menarik di Sekitar Candi Prambanan

Selintas Candi Sambisari tampak seperti sebuah kastil di tengah taman. Karena sekelilingnya dihiasi rerumputan hijau yang tertata rapi, bagaikan taman di halaman kerajaan dengan candi di tengah sebagai pusatnya.

Isi Candi Sambisari

Begitu menaiki tangga pintu masuk candi induk, Sobat Turisian akan menjumpai hiasan berupa singa yang ada di dalam mulut makara (hewan dalam mitologi Yunani). Setelah menaiki tangga, Sobat Turisian akan menemukan selasar selebar kurang lebih 1 meter.

Kemudian di sebelah utara terdapat arca Dewi Durga yang merupakan istri dari Dewa Syiwa. Dengan 8 tangan yang masing-masing menggenggam senjata. Bergeser ke sisi timur, Sobat Turisian akan melihat arca Ganesha dan di selatannya ada arca Agastya dengan kalung tasbih di lehernya.

Masuk ke dalam bilik utama candi induk, Sobat Turisian akan melihat lingga dan yoni. Keberadaan lingga dan yoni tersebut, menegaskan bahwa candi ini berfungsi sebagai tempat pemujaan Dewa Syiwa. Keluar dari bangunan candi utama, di sisi barat tampak ketiga candi pendamping.

Tempat wisata Candi Sambisari menjadi salah satu situs candi yang cantik dan memesona di Yogyakarta. Bahkan tempat ini ramai pengunjung untuk liburan, refreshing, atau sekadar berfoto-foto cantik yang instagenik.

Baca juga: Piknik Asyik ke Jogja Exotarium – Mini Zoo Sleman, Cocok Buat Liburan Lebaran

Lokasi destinasi wisata Sleman ini berlokasi di Dusun Sambisari, Desa Purwomartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta. Berjarak 15 kilometer ke arah timur laut dari pusat Kota Yogyakarta.*

 

 

 

Sumber & Foto: visitingjogja

Pos terkait