Sensasi Berenang dengan Ikan Dewa di Kolam Cibulan Kuningan, Liburan Lebaran Makin Seru!

Kolam ikan dewa Cibulan
Suasana di Objek Wisata Kolam Ikan Dewa Cibulan Kuningan. (dok. Disporapar Kuningan)

TURISIAN.com – Liburan Lebaran ke Kabupaten Kuningan, Jawa Barat bisa makin seru jika Sobat Turisian mencoba sensasi berenang bersama puluhan ikan dewa khas Kuningan yang unik. Tempatnya di Kolam Pemandian Cibulan atau dikenal dengan sebutan Kolam Ikan Dewa Cibulan.

Kolam Ikan Dewa Cibulan merupakan objek wisata tertua yang ada di Kuningan dan hingga saat ini masih menjadi salah satu tempat liburan favorit. Peresmian tempat wisata Kuningan ini berlangsung pada 27 Agustus 1939 oleh Bupati Kuningan saat itu, yaitu R.A.A. Mohamand Achmad.

Saat memasuki kawasan Kolam Ikan Dewa Cibulan ini, Sobat Turisian akan melihat dua kolam besar yang berbentuk persegi panjang. Kolam pertama berukuran 35×15 meter persegi dengan kedalaman sekitar 2 meter. Sementara untuk kolam kedua berukuran 45×15 meter persegi yang terbagi menjadi dua, satu dengan kedalaman 60 cm dan satu lagi kedalamannya 120 cm.

Air kolamnya begitu jernih dan bersih, karena selain airnya jernih dari alam, juga kolam ini rutin dibersihkan setiap 2 minggu sekali. Setiap kolam di Cibulan ada penghuninya yakni puluhan ikan berwarna abu-abu kehitaman yang disebut sebagai kancra bodas atau lebih terkenal dengan sebutan ikan dewa.

Berenang Bersama Ikan Dewa Cibulan

Di kolam-kolam inilah, Sobat Turisian bisa merasakan kesegaran air dan berenang bersama ikan dewa yang memiliki ukuran bervariasi. Mulai dari yang panjangnya 20 sentimeter hingga mencapai 1 meter juga ada. Pokoknya seru, menyenangkan, dan ikan-ikannya bikin gemes.

Baca juga: Menelusuri Jejak Manusia Purba di Situs Purbakala Cipari Kuningan

Oh iya Sobat Turisian, Ikan Dewa ini merupakan sejenis ikan yang dikeramatkan oleh penduduk di sekitar wilayah Desa Manis Kidul. Mereka percaya ikan tersebut mempunyai keistimewaan tertentu. Meski semua kolam itu ada ikan dewa yang keramat, tapi Sobat Turisian bisa berenang dengan aman di kolam pemandian umum ini.

Tempat wisata Cibulan sebagai tujuan wisata favorit di Kuningan ini, sudah lengkap dengan fasilitas khas tempat pemandian. Seperti tempat ganti pakaian, 6 buah kamar kecil, dan 2 buah kamar mandi untuk tempat bilas seusai berenang.

Harga Tiket Masuk Tempat Wisata Cibulan

Sobat Turisian yang berkunjung ke objek wisata Cibulan harus bayar tiket masuk. Tapi tak usah khawatir, harga tiketnya masih sangat terjangkau, kok!

Harga tiket masuk destinasi wisata Kolam Ikan Dewa Cibulan Kuningan, untuk dewasa Rp.20.000 dan anak-anak Rp.18.000 (weekday). Sedangkan untuk weekend atau hari libur besar, dewasa sebesar Rp.22.000 dan anaka-anak Rp.20.000.

Jam Buka Objek Wisata Cibulan Kuningan

Tempat wisata Kolam Cibulan Kuningan ini buka setiap hari. Rekomendasinya, Sobat Turisian mending datang lebih pagi jika ingin merasakan suasana yang lebih sepi. Jam bukanya dari pukul 07.00 WIB sampai dengan pukul 17.00 WIB.

Baca juga: Curug Putri Palutungan Kuningan yang Indah, Tempat Singgahnya Bidadari

Lokasi Kolam Ikan Dewa Cibulan Kuningan

Objek wisata Kolam Pemandian Cibulan ini berlokasi di Desa Manis Kidul, Kecamatan Jalaksana, Kabupaten Kuningan. Berjarak sekitar 7 kilometer dari pusat kota Kuningan dan sejauh kurang lebih 28 kilometer dari Kota Cirebon.*

 

Pos terkait