Mengenal Candi Muara Takus, Tertua di Tanah Sumatera

Candi Muara Takus
Bangunan Candi Muara Takus di Riau. (dok. Kemdikbud)

3. Candi Palangka

Dasar bangunan candi ini berbentuk empat persegi dengan ukuran 5,85 m x 6,60 m dengan tinggi 1,45 m dari permukaan tanah. Terletak 3,85 m di sebelah timur Candi Mahligai. Pada sisi utara bangunan terdapat undakan dan tangga yang telah rusak. Tinggi bangunannya 1, 45 m dan terbuat dari bata merah.

4. Candi Bungsu

Berikutnya ada Candi Bungsu yang terletak di sebelah selatan Candi Tua dan sebelah barat Candi Mahligai. Bentuknya empat persegi berukuran 7,50 m x 16,28 m dan tinggi 6,20 m.

Dibangun dari batu andesit dan bata, terdiri dari stupa tunggal berukuran besar. Candi ini juga disebut memiliki konfigurasi serupa dengan Candi Asoka di India.

Bangunan Lain

Di samping memiliki 4 bangunan candi di atas, Muara Takus juga menyimpan bangunan lain. Seperti dua lubang yang diperkirakan sebagai tempat pembakaran jenazah. Kemudian tanggul kuno, pagar keliling dari susunan batu putih (tufaan), serta bangunan lainnya yang menyisakan pondasi saja.

Baca juga: 5 Seni Tradisional Indonesia yang Memukau Dunia

Penemuan lainnya, berupa Candi Vajra yang terletak di sisi selatan. Terdiri dari bagian dasar, badan, dan atap candi dengan ukuran denah 8 x 12 m. Tak hanya itu, ada juga temuan lapik arca, vajra, fragmen arca, sangkur, logam berbahan perunggu, fragmen arca Ganesha, dan fragmen arca Dewi Tara. Candi tersebut kini dalam kondisi tertimbun tanah.

Kemudian pada 2009, penelitian Disdikbud Pemprov Riau dan BPCB Sumatera Barat menemukan struktur bata. Posisinya berada sekitar 200 m di utara candi.*

 

 

Sumber: cagarbudaya.kemdikbud

Pos terkait