Mencicipi Apam Barabai, Kue Khas Kalsel

Apam Barabai Kalsel
Apam Barabai Kalsel. (Source: Dispar Kalsel)

TURISIAN.com – Saat Sobat Turisian berkunjung ke suatu daerah jangan lewatkan makanan khas yang autentik dan lezat di setiap daerah tersebut. Nah seperti berkunjung ke Kalimantan Selatan (Kalsel), kalian wajib mencicipi kue khas daerah ini yang namanya Apam Barabai.

Nama “Barabai” pada camilan khas Kalsel ini seusai dengan tempat asalnya. Yaitu Kota Barabai yang merupakan ibu kota dari Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan.

Apam Barabai sendiri merupakan kue basah yang terbuat dari bahan-bahan sederhana dan mudah Sobat Turisian temui di pasar atau toko bahan-bahan kue. Bahannya antara lain tepung beras, santan, gula merah atau putih, dan tape singkong.

Baca juga: Mesti Coba! 6 Kuliner Khas Kalimantan Selatan yang Otentik dan Lezat

Tampilan makanan khas Kalimantan Selatan ini berbentuk bulat dan tipis. Warna kue Apem Barabai ini cukup mencolok, yakni merah kecoklatan atau putih.

Kemudian untuk teksturnya, kue Apam Barabai sangat lembut. Sehingga enak dan nikmat saat mengunyahnya di lidah. Jadi semua kalangan usia pun bisa menikmati kelezatannya.

Bagitu tersaji di depan mata, Sobat Turisian akan melihat penampilan Apam Barabai ini yang terdiri dari dua warna, yaitu warna coklat dan putih. Lalu bahan dasar untuk  makanan ini berasal dari gula merah, sehingga rasanya sangat khas, gurih, dan manis, aromanya pun memiliki aroma yang kuat dari gula aren.

Baca juga: Hamparan Hijau Savana Bukit Rimpi Tanah Laut yang Memukau, Serasa di Daratan Eropa

Jika ingin menikmati kue khas Kalsel ini, Sobat Turisian mudah mendapatkannya di sekitar kawasan Kota Barabai. Banyak penjual menjajakan kue khas Kalimantan Selatan ini.*

Pos terkait