Referensi Kedai Street Food Paling Ngehits di Makassar

Kedai Street Food
Warung Sop Lidah Lamuru Ibu Rina memiliki sajian istimewa dengan racikan legendaris lebih dari 50 tahun. (Instagram /@tourism_makassar)

TURISIAN.com- Kedai Street Food atau makanan pinggir jalan memang memiliki sejuta cara untuk menarik hati para petualang rasa.

Hal ini pula yang terjadi ketika berkunjung ke Makassar.

Namun tentu saja dengan kisaran harga yang tidak membuat kantong bolong.

Selain pisang ijo, Makassar ternyata memiliki ragam pilihan kuliner jajanan pinggir jalan yang rasanya menggugah selera.

Mulai dari aneka camilan ringan hingga makanan dengan porsi melimpah yang mengenyangkan.

Ragam jajanan pinggir jalan khas Makassar ini memiliki cita rasa tersendiri.

Maka dari itu, jika sobat Turisian sedang berwisata ke Makassar, jangan lupa untuk mencicipi referensi kedai jajanan pinggir jalan ini ya. Seperti dikutip TURISIAN.com- dari Instagram @tourism_makassar pada Jumat, 29 April 2022, berikut 4 kedai street food yang wajin wajib dicoba:

1. Sop Sodara Pangkep

Ini adalah salah satu kuliner kaki lima yang selalu berhasil membuat para pemudik rindu untuk segera pulang kampung ke Makassar.

Cita rasa otentik yang dimiliki oleh Warung Sop Sodara Pangkep ini bahkan telah dipertahankan sejak tahun 1970-an.

Menu utamanya adalah makanan tradisional khas Sulawesi Selatan yang kaya akan gizi. Karena dibuat dari campuran irisan daging sapi dengan ukuran tebal-tebal. Ada, hati, paru serta diperkaya dengan siraman kuah laksa yang kental dan kaya akan rempah.

Begitu disantap dengan campuran kentang goreng yang berbentuk bola-bola kecil. Kekayaan rasa dari aneka rempah khas Makassar langsung menyebar dengan sempurna di dalam mulut.

Warung legendaris yang berlokasi di Jalan Dr. Wahidin S. Husodo atau yang lebih dikenal dengan Jalan Irian ini memiliki ciri khas, yakni topping tambahan dari telur itik rebus serta rasanya yang menyegarkan karena tetesan dari jeruk nipis.

2. Sop Saudara Flyover

Belum ke Makassar namanya jika belum menyantap kelezatan dari aneka olahan konro.

Berbicara soal konro, wisatawan lokal maupun wisatawan dari luar Kota Makassar pasti sudah tidak asing lagi dengan Warung Sop Saudara Flyover yang terletak di Jalan A. P. Pettarani Nomor 221.

Warung pinggir jalan ini sangat digandrungi oleh para pengunjung. Apalagi kalau buka karena citra rasanya. Cukup dengan merogoh kocek sebesar Rp 25.000 hingga Rp 50.000 saja kalian bisa menikmati seporsi kelezatan dari konro bakar, sop konro hingga sop paru.

Namun, diantara ragam menu yang ada, konro bakar dengan racikan khas turun temurun sejak tahun 1970 merupakan hidangan yang paling laris manis dipesan oleh para pengunjung.

Siraman saus kacang dengan resep rahasia di setiap olahan konro bakar andalannya dijamin akan menjadi candu bagi para penikmatnya.

3. Warung Sop Lidah Lamuru Bu Rina

Saking larisnya, Warung Sop Lidah Lamuru Bu Rina ini bahkan  telah membuka tiga cabang di tiga tempat berbeda.

Maka pastikan kalian singgah ke warung ini ketika berwisata ke Kota Angin Mammiri.

Keistimewaan sop lidah lamuru sangatlah berbeda dengan kuliner khas Makassar lainnya seperti coto Makassar maupun sop konro, karena kuahnya cenderung lebih bening, rasa lebih ringan serta aroma yang sedap.

Lantas, bagaimana dengan rasanya? Tidak perlu diragukan lagi karena warung milik Bu Rina yang terletak di Jalan Rusa No. 15 ini memiliki resep rahasia yang telah diwariskan secara turun-temurun sejak 50 tahun.

Rasanya akan lebih mantap ketika ditambah dengan telur bebek rebus serta perkedel kentang yang ukurannya cukup besar.

Siap melayani para petualang rasa mulai pukul 09.00 hingga pukul 20.30, dengan kisaran harga Rp 35.000 per porsi.4Mama Toko Kue dan Es Krim

4. Mama Toko Kue dan Es Krim

Yang rindu dengan hidangan kue tradisional khas Makassar tapi masih bingung harus cari dimana, maka direkomendasikan sekali untuk mampir ke Mama Toko Kue yang berlokasi di Jalan Bau Mangga Nomor 9, Masale, Kecamatan Panakkukang.

Sesuai dengan namanya, selain menyajikan es krim, kios ini juga menyajikan aneka camilan khas Makassar seperti kue barongko, cangkuning, kue lumpur, cucur bayao hingga makanan berat seperti bubur Manado dan masih banyak sajian lainnya. ***ķ

Pos terkait