Bandung Calendar of Event 2025 Diharapkan Mampu Menarik Wisatawan, Ini Daftar Event-nya

Bandung Calender of Event
Ilustrasi. Pertunjukan kesenian daerah di depan Gedung Sate, Kota Bandung. (Foto: Dok.Turisian.com)

TURISIAN.com – Pemerintah Kota Bandung, melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, resmi meluncurkan Bandung Calendar of Event (CoE) 2025 di Hotel Papandayan, Jalan Gatot Subroto, pada Senin, 30 September 2024 lalu.

Terhadap peluncuruan CoE ini, pelaku usaha pariwisata berharap akan banyak wisatawan yang berkunjung ke Kota Bandung, Jawa Barat.

“Ini menjadi momentum yang baik, untuk menarik sebanyak mungkin wisatawan untuk datang ke Kota Bandung,” kata Arief Bonafianto, Ketua Riung Priangan, Rabu 2 Oktober 2024.

Sebagaimana diketahui, Riung Priangan adalah sebuah organisasi perhotelan di Kota Bandung. Dimana, para anggotanya  para General Manager dari setiap hotel di Kota Bandung.

BACA JUGA: Event Bandung Great Sale Mampu Kantongi Pundi-pundi Hingga Rp 78 Miliar

Menurut Arief–yang juga GM Arion Suites Hotel Bandung, CeO 2025 menjadi senjata Kota Bandung dalam mendatangkan wisatawan domestik serta mancanegara.

“Pada tahun 2025 mendatang kami harapkan adanya peningkatan kunjungan wisata ke kota Bandung,” harap Arief.’

Apalagi Asia Afrika Festival 2025 merupakan Asia Afrika Festival dalam rangka hut 70 tahun.

“Otomatis tamu negara yang datang sekelas pemimpin negara. Hal ini diyakini kunjungan wisata akan meningkat,” ujar Arief.

BACA JUGA: Insiden Tak Terduga di Event GIIAS Bandung 2024 Bikin Booth Roboh, Ini Penyebabnya

Namun Riung Priangan juga memberikan catatan agar  calender event di dukung oleh moda transportasi utama.

Fasilitas Transportasi

Salah satunya Bandara Hussein Sastranegara yang perlu segera di buka kembali.

“Karena bandara ini merupakan salah satu fasilitas transportasi tercepat, yang bisa menghubungkan beberapa daerah di Indonesia langsung ke Bandung,” tandasnya.

Sementara itu, peluncuran CeO 2025 itu dibuka oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung,  Arief Syaifudin.

BACA JUGA: Event BABY &# KIDS EXPO 2024 Kembali Hadir di Kota Bandung, Ini Lokasinya

Ketua Riung Priangan, Arief Bonafianto. (Foto: Ist)

Ia  menekankan pentingnya CeO ini dalam mendorong pemulihan ekonomi, terutama di sektor pariwisata.

Hadir pula sejumlah tokoh penting, mulai dari PJ Wali Kota Bandung, Ketua DPRD Kota Bandung, FORKOPIMDA, hingga Kepala Dinas Pariwisata Jawa Barat.

Tak ketinggalan, sejumlah kepala dinas pariwisata dari kota-kota sekitar dan para pejabat di lingkungan pemerintahan Kota Bandung ikut ambil bagian.

Sedangkan Bandung Calendar of Event (CoE) sendiri merupakan agenda rutin yang dihelat Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung.

BACA JUGA: Event PayDay Festival, Citilink Tawarkan Diskon Menarik Hingga Akhir Bulan Ini

Destinasi Wisata Unggulan

Sasarannya, agar event  sepanjang tahun 2025 itu bisa diketahu masyarakat. Sekaligus,  mengukuhkan Bandung sebagai destinasi wisata unggulan. Baik di kancah nasional maupun internasional.

Sebanyak 84 acara sudah disiapkan  dalam CoE 2025 hasil kolaborasi dengan berbagai organisasi perangkat daerah, komunitas, hingga asosiasi.

Dari jumlah itu, terpilih 10 Top Event yang diusulkan masuk ke dalam Calendar of Event Disparbud Jawa Barat.

Di antaranya: Seuhah Festival, Asia Afrika Festival, Festival Baso Juara, Playlist Live Festival, The Papandayan Jazz Fest 2025.

BACA JUGA: PT KAI Berikan Potongan Harga Tiket Hingga 20 Persen, Datang ke Event Ini

Kemudian ada, Bandung Art Month #8, Lomba Kereta Peti Sabun, Angklung Pride, Bandung Orchestra Festival, dan Trademark Market 2025.

Tak hanya itu, beberapa event juga bakal diusulkan ke tingkat nasional melalui program Kharisma Event Nusantara (KEN) yang digagas Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI.

Kota Bandung bukan pemain baru dalam peta festival nasional. Festival Keuken pada 2022, Bandung Art Month pada 2023.

Dan Asia Afrika Festival pada 2004 telah mengukir prestasi di tingkat nasional. ***

Pos terkait