Aceh Festival 2024 Digelar untuk Meramaikan Perhelatan PON XXI Aceh-Sumut

TURISIAN.com – Pemerintah Aceh, melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, bersiap menggelar Aceh Festival 2024 dengan mengemas 21 kegiatan besar. Acara ini dihelat untuk meramaikan pelaksanaan PON XXI Aceh-Sumatera Utara.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Almuniza Kamal, menegaskan bahwa rangkaian acara tersebut bertujuan memberikan pengalaman yang tak terlupakan.

Khususnya, bagi para peserta PON serta wisatawan yang datang ke Aceh.

“Dengan berbagai acara ini, kami berharap bisa menyuguhkan pengalaman yang memikat,” kata ujar Almuniza dalam keterangannya di Banda Aceh, Kamis, 29 Agustus 2024.

BACA JUGA: Pemerintah Aceh akan Meriahkan Ajang PON 2024 dengan Berbagai Pertunjukan

Menurutnya, suguhan berbgai event pariwisata tersebut  tidak hanya bagi peserta PON, tetapi juga wisatawan yang ingin mengeksplorasi Aceh,”

Sementara itu, festival ini sendiri  akan menyajikan beragam kegiatan. Mulai dari festival budaya, pameran UMKM dan ekonomi kreatif. Bahkan, juga dihadirkan pertunjukan seni dan kuliner tradisional.

Selain itu, paket wisata khusus juga disiapkan untuk mengajak para pengunjung mengeksplorasi destinasi wisata ikonik di Aceh.

BACA JUGA: Kulineran Aceh yang Paling Dicari, Apa Saja?

UMKM Lokal

Almuniza menilai, pelaksanaan PON di Aceh menjadi momentum emas untuk menggairahkan industri pariwisata dan sektor UMKM lokal.

“Kami optimis 21 acara yang dikemas dalam Aceh Festival 2024 ini mampu mendongkrak pariwisata dan ekonomi kreatif di Aceh,” kata dia.

Sedangkan, beragam acara tersebut akan digelar sebelum dan selama PON berlangsung. Dengan lokasi yang tersebar di delapan kabupaten/kota.

BACA JUGA: 5 Tempat Ngabuburit Favorit di Banda Aceh

Dimana,  sebagian besar juga menjadi venue PON XXI pada 8-20 September 2024 mendatang.

Ia berharap, festival ini tak hanya mampu memperkuat citra Aceh sebagai destinasi wisata unggulan. Namnu,  juga memberi warna tersendiri dalam perhelatan olahraga terbesar di Indonesia.

“Lewat festival ini, kami ingin para peserta PON dan wisatawan lebih mengenal Aceh. Bukan hanya dari segi olahraganya, tetapi juga kekayaan budaya dan alam yang kami miliki,” tambah Almuniza, yang juga menjabat Wakil Ketua Bidang Promosi dan Pemasaran PON XXI Wilayah Aceh.

BACA JUGA: Menengok Jejak Sejarah di Benteng Trumon Aceh Selatan

Selain menjadi hiburan bagi peserta dan wisatawan, Aceh Festival diharapkan turut berperan dalam meningkatkan ekonomi lokal.

Almuniza pun mengajak masyarakat Aceh untuk turut menyukseskan rangkaian acara ini, sehingga PON XXI di Aceh bisa meninggalkan kesan positif.

Bagi mereka yang ingin mengetahui lebih lanjut tentang rangkaian acara Aceh Festival 2024, informasi lengkap bisa didapatkan melalui buku panduan digital.

Pemda Aceh telah menyiapkan  website resmi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh serta platform digital terkait. ***

Pos terkait