Kulineran Aceh yang Paling Dicari, Apa Saja?

Kulineran Aceh
Mie pedas Aceh dengan topping udang menjadi salah satu kuliner yang selalu di cari wisatawan. (Dok.iStock)

TURISIAN.com – Bro, kalian harus coba kulineran Aceh nih! Makanannya keren banget, cita rasanya pedes dan enak banget!

Pertama, ada “Keumamah” alias Ikan Kayu. Ini tuh makanan khas Aceh dari ikan tongkol atau tuna yang dikeringin di bawah matahari, jadi warnanya jadi kehitaman kayak kayu. Abis itu, diolah lagi dengan bumbu-bumbu enak. Mantap!

Kedua, “Sie Reuboh”, makanan khas Aceh Besar yang berbahan daging sapi. Dimasak dengan cuka dan rempah-rempah. Jadi lauk wajib pas momen Meugang, bulan puasa gitu. Cobain “Eungkot Paya”, makanan khas Aceh Besar yang gurih dan pedes-asem banget. Pakai ikan payau dan rempah-rempah, cita rasanya beda banget!

BACA JUGA: 5 Tempat Ngabuburit Favorit di Banda Aceh

Keempat, “Mi Aceh”, makanan terkenal di Aceh. Mi-nya dari China, tapi kuahnya dengan bumbu India. Enak banget, bisa digoreng atau berkuah, ada cumi, udang, atau daging. Di atasnya ada bawang merah, timun, dan bawang goreng, tambah mantap!

Terakhir, “Nasi Gurih”, nasi yang dimasak pakai santan, mirip nasi uduk. Tapi bedanya, disantap bareng ayam tangkap khas Aceh. Plus timun, tempe goreng, kemangi, sambal belacan, dan bawang goreng. Maknyus!

Jadi, gak usah ragu buat cobain kulineran khas Aceh, bro! Pasti bikin lidah lo bergoyang dan nagih terus. Ayo, langsung mampir ke Aceh dan nikmatin kelezatan kulinerannya! ***

Pos terkait