Pemerintah Aceh akan Meriahkan Ajang PON 2024 dengan Berbagai Pertunjukan

Pemerintah Aceh
Museum Tsunami Aceh merupakan salah satu spot wisata sejarah yang sayang dilewatkan saat berkunjung Aceh. (Unplash.com/JUlianto Saputra)

TURISAN.com – Pemerintah Aceh, melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, kini tengah berkolaborasi dengan berbagai lembaga untuk menyelenggarakan serangkaian acara PON Aceh-Sumut 2024.

Kolaborasi tersebut dibangun diantaranya dengan Balai Pelestarian Kebudayaan (BPK) Wilayah 1 Aceh, Kemendikbudristek RI, serta pemerintah kabupaten/kota dan lembaga swasta.

Tak hanya mengusung semangat olahraga, PON kali ini juga menjadi ajang unjuk gigi pariwisata dan budaya Aceh.

“Kami akan menggelar berbagai acara budaya, pariwisata, serta expo UMKM dan ekonomi kreatif. Dengan tujuan memperkenalkan keindahan alam, kekayaan budaya, serta potensi wisata Aceh,” kata Kepala Disbudpar Aceh, Almuniza Kamal, di Banda Aceh, Kamis 22 Agustus 2024.

BACA JUGA: Kulineran Aceh yang Paling Dicari, Apa Saja?

Sementara itu, para pengunjung, atlet, dan wisatawan akan diperkenalkan dengan berbagai kekayaan budaya dan Aceh.

Ia menjelaskan bahwa seluruh rangkaian acara saat ini tengah dipersiapkan secara matang. Harapannya, acara tersebut mampu memperkuat citra Aceh.

Utamanya, sebagai destinasi wisata unggulan sekaligus meramaikan perhelatan olahraga terbesar di Indonesia.

“Lewat acara-acara ini, peserta PON dan wisatawan diharapkan bisa lebih mengenal dan mencintai Aceh. Tidak hanya dari segi olahraga, tapi juga dari segi budaya dan alamnya,” tambah Almuniza.

BACA JUGA: Menengok Jejak Sejarah di Benteng Trumon Aceh Selatan

Pameran UMKM

Sedangkan festival yang dikemas dengan tajuk “Aceh Festival 2024” ini akan mencakup berbagai acara.

Mulai dari festival budaya, pameran UMKM dan ekonomi kreatif, kuliner tradisional, pertunjukan seni, hingga paket wisata.

Khususnya, yang mengeksplorasi destinasi wisata ikonik Aceh. Beberapa agenda utamanya. Seperti Karnaval Amanah, Festival Pesona Pesisir Timur, Pameran Budaya Aceh, Aceh Perkusi, dan Expo UMKM, siap memikat hati para pengunjung.

Almuniza optimistis, dengan persiapan matang serta dukungan kolaborasi dari berbagai pihak, PON XXI/2024 di wilayah Aceh akan menjadi momentum emas.

BACA JUGA: Tari Guel Aceh Padukan Seni Tari, Sastra, dan Musik dengan Filosofi yang Tinggi

Palimg tidak, untuk mempromosikan pariwisata daerah ini ke kancah nasional, bahkan internasional.

“Kami ingin acara pendukung PON ini menjadi pengalaman yang tak terlupakan bagi para atlet dan wisatawan,”
ujarnya.

“Aceh tak hanya menawarkan kemeriahan olahraga, tapi juga kekayaan budaya, keindahan alam, serta produk ekonomi kreatif yang luar biasa,” sambung Almuniza. ***

Pos terkait