Objek Wisata Pangandaran, Primadona Wisata Jawa Barat di Musim Liburan

Objek Wisata Pangandaran
Pantai Karang Nini yang bisa dinikmati dari Sari Ater Beach Canpervan, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Foto: Turisian.com/Duta Ilham

TURISIAN.com – Liburan sekolah yang telah berlangsung selama sepekan ini menjadikan objek wisata Pangandaran, Jawa Barat, sebagai magnet bagi wisatawan.

Kepadatan pengunjung yang luar biasa membuat hotel-hotel di kawasan ini penuh sesak. Bahkan warga setempat pun membuka rumah mereka sebagai alternatif penginapan karena kamar hotel ludes terjual.

“Benar, minggu lalu semua hotel penuh sehingga sebagian wisatawan yang datang ke Pangandaran memilih menginap di homestay, rumah warga,” ujar Agus Mulyana, Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Pangandaran, Jumat, 12 Juli 2024.

Hasil pantauan Kamis, 11 Juli 2024, Pantai Barat dan Pantai Timur Pangandaran dipadati pengunjung. Jalan yang mengelilingi pantai—terkenal dengan keindahannya—dipenuhi lalu lintas sepeda listrik yang disewa pengunjung.

BACA JUGA: Aquarium Indonesia Pangandaran Siap Berikan Pengalaman Eksklusif di Libur Lebaran

Berbagai destinasi menawan, mulai dari pantai hingga cagar alam, tak luput dari serbuan wisatawan. Beberapa destinasi utama di Pangandaran.

Antara lain Pantai Pangandaran, Pantai Batukaras, Pantai Karapyak, Cagar Alam Pangandaran, Pantai Pasir Putih, serta Aquarium Pangandaran.

Tak ketinggalan, Pantai Karang Nini yang berjarak 12 km atau sekitar 23 menit dari Pangandaran juga menjadi magnet bagi para pelancong.

Aktivitas yang ditawarkan bagi para wisatawan sangat beragam. Mulai dari berenang, bermain pasir, hingga menguji adrenalin dengan olahraga air dan body rafting.

BACA JUGA: Kabar Gembira, Susi Air Buka Rute Bandung-Pangandaran, Ini Harga Tiketnya

Flora dan fauna

Wisata edukasi yang memperkenalkan biota laut serta flora dan fauna di Cagar Alam Pangandaran juga menjadi daya tarik tersendiri.

Banyak pula wisatawan yang memilih bersantai sambil menikmati hidangan lezat bersama keluarga, diiringi panorama alam yang memukau.

Liburan yang berlangsung hingga 14 Juli 2024 ini membuat objek wisata Pangandaran terus diserbu wisatawan. Hingga Rabu, 10 Juli 2024, Pantai Barat Pangandaran menjadi salah satu titik terpadat.

Sebagian besar pengunjung berasal dari Jakarta, Bandung, dan Cirebon, terbukti dari banyaknya mobil berplat nomor B, D, E, dan lainnya.

BACA JUGA: Penjabat Gubernur Bey Sebut Infrastruktur Destinasi Wisata Pangandaran Perlu Terus Didorong

Dengan padatnya kunjungan, wisatawan diharapkan selalu berhati-hati selama perjalanan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

“Kehati-hatian adalah kunci agar liburan tetap aman dan menyenangkan,” ujar Erik, General Manager Hotel Pantai Indah Pangandaran, yang mengakui reservasi kamar hotel masih terus mengalir hingga 22 Juli mendatang

“Saat akhir pekan kita penuh. Untuk hari biasa masih di atas 60 persen keterisian kamar,” tambahnya.

Dengan keindahan alam yang memikat dan keragaman aktivitas yang ditawarkan. Tak heran jika Pangandaran menjadi primadona wisata Jawa Barat selama musim liburan ini. ***

Pos terkait