Memperkuat Sulsel Sebagai Super Hub, Sektor Pariwisata akan Tumbuh Cepat

Sulsel Sebagai Super Hub
Tokoh Pariwisata Henry Husada saat bertemu Pj. Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Senin 17 Juni 2024. Dalam kesempatan tersebut berlangsung dialog terkait perkembangan pariwisata dan UMKM. Foto: Turisian.com/Ist

TURISIAN.com – Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Zudan Arif Fakrulloh menyatakan bahwa pihaknya ingin memperkuat Sulsel sebagai super hub di wilayah Timur Indonesia.

Dengan demikian, jika ada barang yang diekspor (ke Hongkong dan Singapura), tidak perlu lagi dibawa jauh-jauh ke Jakarta.

“Oleh sebab itu, dengan adanya layanan direct flight ini, akan meningkatkan perekonomian masyarakat Sulsel,” kata Zudan saat menerima Tokoh Pengusaha Henry Husada di Sulawesi Selatan, Senin, 17 Juni 2024.

Dalam pertemuan penuh kekeluargaan itu banyak dibahas tentang Usaha, Mikro Kecil dan  Menengah (UMKM). Termasuk perkembangan sektor pariwisata di daerah ini.

BACA JUGA: Geopark Maros-Pangkep dan Pemkot Makassar Dorong Peningkatan Potensi Wisatawan

Seperti diketahui, selain sebagai pengusaha sukses di Jawa Barat, Henry Husada juga adalah salah satu tokoh UMKM dan Pariwisata.

Kepeduliannya yang begitu tinggi terhadap pelaku UMKM, menjadikan dirinya dinobatkan sebagai “Bapak UMKM”.

“Saya melihat Sulawesi Selatan ini memiliki potensi ekonomi yang cukup besar. Termasuk, sumber daya alam di sektor pariwisata, sangat menarik sekali,” kata Henry saat ditemui usai pertemuan dengan Pj Gubernur Zudan.

Menurut Henry, dari hasil diskusi tersebut ia menangkap visi besar Pj Gubenur Zudan dalam mendorong Sulsel untuk go internasional.

BACA JUGA: Taman Purbakala Sumpang Bita, Menguak Pesona Tersembunyi di Sulawesi Selatan

(Foto: Turisian.com/Ist)

Pengalaman Wisata Budaya

“Pak Zudan memiliki visi yang luar biasa. Ia ingin mewujudkan Sulsel menjadi Hub Indonesia Timur sehingga akan mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi di kawasan  ini,” katanya.

Sementara itu, untuk Sulsel juga ikut andil dalam peningkatan ekonomi pariwisata nasional, baik secara makropariwisata maupun mikropariwisata.

Sebut saja, untuk makro pariwisata berfokus pada gambaran besar industri pariwisata secara keseluruhan.

Ini mencakup analisis tren global, kebijakan pemerintah, dampak ekonomi pariwisata, dan isu-isu pembangunan yang terkait dengan pariwisata.

BACA JUGA: Mengunjungi Pulau Gusung Makassar, Keindahannya Luar Biasa Lho Bro

Sebut saja, Tana Toraja memiliki peran penting dalam makro wisata Sulawesi Selatan karena menawarkan pengalaman wisata budaya yang berbeda dan autentik.

Keunikan budaya dan tradisi Toraja menjadi daya tarik utama bagi wisatawan yang ingin merasakan pengalaman wisata yang berbeda dari biasanya.

“Potensi inilah yang saya liat sedang terus dorong oleh pemerintah Provinsi Sulsel agar berkembang lebih cepat,” papar Henry.

Sedangkan untuk mikro pariwisata, Sulsel berfokus pada operasi bisnis individu dan organisasi yang terlibat dalam industri pariwisata. Dengan Sulsel sebagai super hub maka diharapkan provinsi makin maju. ***

Pos terkait