Kota Cirebon Siap Luncurkan 5 Destinasi Baru, Apa Saja?

5 Destinasi Baru
Keraton Kesepuhan Cirebon. (Dok.Pemkot Cirebon)

TURISIAN.com– Di tengah upaya memajukan sektor pariwisata, Disbudpar Kota Cirebon, Jawa Barat, bersiap meluncurkan 5  destinasi wisata baru pada tahun 2024.

Terobosan ini diharapkan dapat menambah daya tarik bagi para wisatawan, menggali potensi budaya dan sejarah yang dimiliki oleh kota ini.

Menurut Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Cirebon, Agus Sukmanjaya, bahwa 5 destinasi baru  tersebut tidak hanya sekadar menawarkan keindahan alam

Namun juga merangkum pesona budaya dan warisan sejarah Kota Cirebon.

BACA JUGA: 22 Desa Wisata di Cirebon Ini Didorong masuk ADWI 2023

“Konsepnya menggabungkan wisata budaya dan sejarah yang menjadi ciri khas destinasi di Kota Cirebon,” katanya, baru-baru ini.

Salah satu terobosan yang diungkapkan oleh Agus adalah kehadiran dua Kampung Wisata, yaitu Kampung Wisata Kacirebonan dan Kampung Arab Panjunan.

Dua destinasi ini, yang telah dirancang sejak 2023, dijanjikan akan memperlihatkan keunikan dan kekayaan budaya. Mulai dari akulturasi budaya hingga jejak sejarah keraton.

BACA JUGA: Serunya Jalan-jalan di Kota Cirebon Naik CITROS!

“Meskipun dua kampung wisata ini sudah dapat dikunjungi, beberapa penataan masih perlu dilakukan untuk memastikan pengalaman terbaik bagi para wisatawan,” tambah Agus.

Sementara itu, tiga destinasi lainnya merupakan kawasan cagar budaya dengan bangunan bersejarah.

Gedung Bundar di Taman Kebumen, Museum Topeng Wong di Balai Kota Cirebon, dan Wisata Heritage Gedung British American Tobacco (BAT) menjadi titik fokus pengembangan.

Meskipun tengah dalam proses penataan, Disbudpar memastikan keindahan dan keberlanjutan sejarah akan segera dapat dinikmati oleh para wisatawan.

BACA JUGA: Ada Tarif Khusus Kereta Api Hanya Rp 25.000 Gambir-Cirebon, Ini Syaratnya

Dongkrak Kunjungan Wisatawan

Dengan ambisi meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan, Agus menyatakan lima destinasi baru ini diharapkan bisa mendongkrak kunjungan pada 2024.

Apalagi, mengingat capaian positif sebanyak 3,5 juta wisatawan pada tahun sebelumnya.

Sebagian besar dari mereka adalah turis domestik yang antusias menjelajahi destinasi menarik di Cirebon.

BACA JUGA: 20 Desa di Cirebon Ditetapkan Sebagai Desa Wisata Baru

Dalam suasana optimisme, Agus menuturkan bahwa mungkin kelima destinasi ini akan diresmikan pada peringatan hari jadi Cirebon bulan Juli mendatang.

Namun, tetap dengan kebijaksanaan untuk memastikan kesiapan dan kelengkapan destinasi tersebut.

Harapannya, apa yang telah menjadi target dapat tercapai, memberikan kontribusi positif bagi perkembangan pariwisata di Kota Cirebon. ***

Pos terkait