Serunya Jalan-jalan di Kota Cirebon Naik CITROS!

CITROS Kota Cirebon
CITROS, Bus Wisata di Kota Cirebon. (Source: Disbudpar Kota Cirebon)

TURISIAN.com – Buat Sobat Turisian yang mau liburan di Kota Cirebon, bisa coba serunya jalan-jalan naik CITROS (Cirebon Tourism On Bus). Bus wisata tersebut akan mengajak kalian berkeliling ke tempat-tempat wisata yang beragam, mulai dari wisata religi hingga belanja.

Kehadiran bus wisata tersebut merupakan hadiah dari Pemprov Jawa Barat kepada Pemkot Cirebon pada Februari 2019. Pemberian ini merupakan salah satu upaya untuk memanjakan wisatawan lokal maupun nusantara yang ingin berwisata di Kota Cirebon.

CITROS kini makin eksis menemani wisatawan, baik domestik maupun mancanegara untuk membantu mereka mengelilingi tempat-tempat wisata yang ada di Kota Cirebon. Bus ini dalam rute perjalanannya akan melintasi 9 destinasi wisata. Mulai dari Makam Sunan Gunung Jati, kawasan Kota Tua Cirebon, Keraton Kasepuhan, Keraton Kacirebonan, dan Gua Sunyaragi.

Bukan hanya itu, Sobat Turisian bisa berwisata belanja di Jalan Cipto Mangunkusumo, Stasiun Kejaksan. Lanjut kulineran di kawasan kuliner Tuparev dan menuju destinasi akhir, yakni Pasar Batik di Desa Trusmi, Kabupaten Cirebon. Durasi berhenti di setiap destinasi wisata sekitar 10 menit, jadi total waktu tempuh paket wisata ini sekitar 2 sampai 3 jam.

Baca juga: 5 Oleh-Oleh Khas Cirebon yang Tak Boleh Dilewatkan

Bus CITROS sendiri tidak berhenti di sembarang tempat, tapi hanya berhenti di halte khusus yang sudah pengelola tetapkan. Sehingga, para penumpang tidak bisa turun di sembarang tempat atau di luar jalur destinasi wisata.

Meski tidak punya jalur khusus seperti Busway di Jakarta, operasional bus wisata tidak akan mengganggu aktivitas angkutan umum dalam kota. Di samping itu, jam operasionalnya pada waktu tertentu saja. Untuk kapasitasnya lebih kurang 30 penumpang. Lengkap dengan pemandu wisata dan GPS.

Tarif & Jam Operasional Cirebon Tourism On Bus

Untuk tarif bus CITROS sangat terjangkau, Sobat Turisian hanya perlu merogoh kocek sekitar Rp10.000. Jam operasionalnya mulai jam 09:00 sampai jam 11:00 WIB. Lalu jam 13.00 sampai 15.00 WIB, dan 15.00 sampai 17.00 WIB. Sehari bisa mengangkut beberapa kali penumpang.

Kalau lagi ramai peminat dan memungkinkan, akhir pekan bisa beroperasi sampai malam. Untuk mengetahui jadwal keberangkatan, Sobat Turisian bisa melihatnya dari aplikasi Wistakon.

Baca juga: Berkunjung ke Gua Sunyaragi, Situs Bersejarah di Cirebon yang Kental dengan Mitos

Sobat Turisian yang tertarik naik Citros dapat membeli tiketnya di setiap lokasi wisata yang bus ini lintasi. Penumpang yang naik bus wisata Kota Cirebon tersebut akan mendapat panduan dari pemandu wisata sepanjang perjalanan.*

 

 

Pos terkait