5 Oleh-Oleh Khas Cirebon yang Tak Boleh Dilewatkan

Oleh-Oleh Khas Cirebon
Kawasan Trusmi sebagai pusat oleh-oleh batik khas Cirebon. (Source: Disparbud Jabar)

TURISIAN.com – Berkunjung ke suatu daerah pasti kurang lengkap tanpa membawa pulang oleh-oleh khasnya. Jenisnya di tiap daerah di Indonesia cukup beragam. Seperti oleh-oleh khas Cirebon banyak macamnya yang bisa Sobat Turisian pilih, mulai dari produk kuliner hingga kriya. Semuanya rata-rata asli produk dari UMKM.

Beragam bentuk dan keunikannya, membuat banyak wisatawan yang berburu oleh-oleh khas Cirebon. Dari banyaknya pilihan tersebut, sedikitnya ada 5 oleh-oleh yang tak boleh Sobat Turisian lewatkan saat berkunjung ke Cirebon, di antaranya:

1. Batik Cirebon

Batik menjadi salah satu oleh-oleh khas Cirebon yang menjadi favorit wisatawan. Motif paling populer dan banyak penggemarnya yakni batik motif Megamendung.

Nah untuk membeli batik khas Cirebon tersebut, Sobat Turisian bisa berburu di Pasar Batik Trusmi. Di sana tersedia beragam pilihan batik khas Cirebon. Termasuk motif Megamendung yang terkenal punya warna-warna yang sangat cerah. Hebatnya produksi batik ini sudah menembus pasar internasional.

2. Sirup Tjampolay Cirebon

Bergeser ke kuliner, Cirebon punya oleh-oleh Sirup Tjampolay. Sirup kebanggaan Wong Cirebon ini memiliki cita rasa yang sangat khas. Tersedia berbagai rasa seperti leci, jeruk nipis, kopyor, dan beberapa lainnya.

Baca juga: Mengenal Nasi Bogana Khas Cirebon yang Sudah Melegenda Sejak Lama

Salah satu keunikan dari Sirup Tjampolay terletak pada kemasannya yang masih konsisten hingga kini. Pihak produsen tetap mengemas sirup dalam botol kaca dengan tulisan yang menggunakan ejaan lama dan memperlihatkan gambar buah Tjampolay. Karena orisinalitasnya itulah, sirup ini banyak penggemarnya.

3. Terasi Udang Cirebon

Cirebon terkenal dengan julukan Kota Udang. Terbukti dengan banyaknya olahan udang yang bisa Sobat Turisian dapati di sana. Salah satu olahan udang yang terkenal dan menjadi ciri khas Cirebon, yaitu Terasi Udang.

Walau pun memiliki bau yang menyengat, namun terasi ini tetap banyak penggemarnya. Terasi Cirebon sangat cocok menjadi bumbu pelengkap berbagai kuliner Nusantara.

4. Kue Gapit khas Cirebon

Oleh-oleh khas Cirebon berikutnya ada Kue Gapit. Camilan khas ini memiliki bentuk yang mirip dengan kerupuk. Tampilannya tipis, namun punya tekstur yang sangat renyah saat menyantapnya.

Sepintas tampilan Kue Gapit, bentuknya mirip seperti waffle. Masyarakat bisa menikmatinya dengan berbagai varian rasa mulai dari keju, bawang, dan lain sebagainya.

5. Ikan Asin Jambal Roti Cirebon

Selain terkenal sebagai penghasil udang, hasil laut asal Cirebon yang tidak kalah populer sebagai oleh-oleh khas Cirebon, yaitu Ikan Asin Jambal Roti. Ikan ini banyak dicari karena memiliki cita rasa unik dan sulit menemukannya di pasar swalayan atau perkotaan.

Baca juga: 4 Keraton di Cirebon, Wisata Sejarah Menarik Buat Tambah Wawasan

Biasanya jenis Ikan Manyung yang menjadi bahan baku utama pembuatan Ikan Asin Jambal Roti. Proses pengolahannya dengan cara fermentasi garam. Faktor-faktor yang sangat mempengaruhi keberhasilan dari fermentasi garam, antara lain jenis garam, cara penggaraman, dan pengeringan ikan.*

Pos terkait