Festival Karisma Event Nusantara 2024, Ini Pesan Sandiaga Uno

Karisma Event Nusantara
Menparekraf Sandiaga Uno berdialog dengan pelaku usaha perjalanan wisata. Foto: Dok.Kemenparekraf

TURISIAN.com – Kementerian Pariwisata (Kemenparekraf) kembali akan meluncurkan program Karisma Event Nusantara (KEN) 2024 pada Sabtu 27 Januari 2024.

Launching event tahunan ini akan berlangsung di Gedung Sasono Langen Budoyo, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur.

Program ini sebagai wujud nyata komitmen dalam mengokohkan pertumbuhan sektor pariwisata di Indonesia dan meningkatkan standar penyelenggaraan acara di berbagai daerah.

KEN Festival, sebagai bagian megah dari peluncuran KEN 2024, dibagi menjadi  lima zona interaktif. Yakni, Zona Budaya, Zona Seni, Zona Musik, Zona Karnaval, dan Zona Kuliner.

BACA JUGA: Riau Luncurkan Calendar of Events Pariwisata Riau 2024, Ini Jadwalnya

Kolaborasi bersama daerah-daerah diharapkan mampu menciptakan pengalaman tak terlupakan bagi pengunjung, sambil mempromosikan acara-acara yang akan menyapa.

Begitu pun, para pengunjung bukan hanya disajikan dengan serangkaian kegiatan festival yang meriah. Tetapi juga dapat menikmati penampilan langsung seniman budaya dari berbagai penjuru Indonesia.

Mulai dari, Jember Fashion Carnaval, Solo Keroncong Festival, Festival Babukung, Festival Gandrung Sewu, Aceh Perkusi.

BACA JUGA: Taman Mini Indonesia Indah Bakal Berikan Kejutan di Event Tahun Baru 2024

Festival Teluk Tomini

Lalu, Festival Ronthek Pacitan, Festival Teluk Tomini, dan masih banyak lagi, semua turut memeriahkan momen peluncuran.

Semua aktivitas yang beragam semakin bersinar dengan dukungan penuh dari berbagai mitra, seperti Bank Mandiri, Grab, Citilink, tiket.com, Mister Aladin, Djalanin.com, dan Atourin.

Sementara itu,  Menpar Sandiaga Uno menginginkan bahwa kehadiran acara berkualitas dalam program KEN 2024 dapat memberikan dorongan positif signifikan terhadap ekonomi nasional.

“Sejak diluncurkan pada 2021, KEN telah membuktikan kontribusinya dalam meningkatkan perekonomian di berbagai daerah,” katanya.

BACA JUGA: Menyambut Tahun 2024, Sumbar Bakal ‘Umbar’ Event Menarik

Kegiatan Musik dan Budaya

Hal ini terbukti, dari  analisis dampak yang dilakukan Kemenparekraf/Baparekraf bekerja sama dengan Litbang Kompas.

“Semoga Karisma Event Nusantara 2024 dengan kegiatan menariknya dari musik, budaya, seni karnaval, hingga kuliner, mampu meningkatkan pergerakan wisatawan. Baik dalam negeri maupun mancanegara,” ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events) Kemenparekraf Vinsensius Jemadu, mengungkapkan bahwa penyelenggaraan KEN sepanjang tahun 2023 telah memberikan dampak positif. Khususnta, terhadap perekonomian Indonesia.

BACA JUGA: Swara Prambanan, Event Pergantian Tahun yang Menghadirkan Keindahan Senja

“Dari data yang kami peroleh, penyelenggaraan KEN 2023 telah memberikan kontribusi signifikan. Khususnya, terhadap peningkatan nilai produksi barang dan jasa (output) di Indonesia, sebesar Rp 212,2 miliar,” sambungnya.

Tak hanya itu, nilai perputaran uang dari partisipasi 7,36 juta pengunjung, baik domestik maupun asing, mencapai angka fantastis Rp 12,38 triliun.

Sebagai program strategis Kemenparekraf/Baparekraf, KEN berperan dalam mempromosikan destinasi pariwisata. Yaitu, melalui rangkaian kegiatan dengan tujuan meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara dan menggerakkan wisatawan nusantara untuk mengeksplorasi keindahan Indonesia.. ***

 

Pos terkait