Menyambut Tahun 2024, Sumbar Bakal ‘Umbar’ Event Menarik

menyambut tahun 2024
Salah satu tradisi di Sumatera Barat yakni arak-arak sepasang pangantin. (Dok.Unplash.com)

TURISIAN.com – Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) tengah menggelar persiapan gemilang untuk menyambut tahun 2024.

Diantaranya, dengan meluncurkan kalender kegiatan pariwisata yang tak kalah menariknya. Dalam suasana yang penuh antusiasme, Kepala Dinas Pariwisata Sumbar, Luhur Budianda, berbagi kabar gembira di Padang pada Jumat 15 Desember 2023.

Sebanyak 19 kabupaten dan kota di Sumbar telah turut serta dalam merumuskan puluhan usulan kegiatan yang akan menjadi bintang dalam kalender pariwisata tersebut.

Luhur Budianda menekankan bahwa proses verifikasi telah menjadi langkah krusial untuk memastikan kualitas. Termasuk,  kesiapan penyelenggara, sehingga jadwal yang telah diusulkan dapat dijalankan tanpa hambatan.

BACA JUGA: Festival Payakumbuh Botuang, Merayakan Keajaiban Bambu di Sumatera Barat

“Kami berusaha menghindari pengunduran jadwal atau pembatalan. Karena wisatawan pasti akan kecewa. Kegiatan yang masuk dalam kalender harus dapat dipertanggungjawabkan sepenuhnya,” ungkapnya.

Dalam keterangan lebih lanjut, Luhur menyebutkan bahwa usulan kegiatan mencakup beragam atraksi. Mulai dari seni, budaya, hingga kearifan lokal.

Semua ini dirancang untuk menarik perhatian dan memikat hati wisatawan yang hendak berkunjung ke Sumbar.

“Dalam beberapa tahun terakhir, kami telah bersama-sama dengan kabupaten dan kota terus mendorong lahirnya event-event berkualitas dan tepat waktu,” katanya.

BACA JUGA: Kabupaten Kotabaru Gelar Event One Night Saijaan, Catat Tanggal Mainnya

“Kegiatan ini bukan hanya menjadi daya tarik, tetapi juga dapat memengaruhi keputusan wisatawan untuk memilih Sumbar sebagai destinasi utama mereka,” tambah Luhur.

Sementara itu, pada tahun 2023, Sumbar telah mencatatkan 77 kegiatan dalam kalender pariwisatanya, yang dianggap berhasil meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan.

Diharapkan, kalender pariwisata Sumbar 2024 akan menjadi yang terbaik dengan lebih banyak kegiatan yang menarik, mulai dari Januari hingga Desember.

Peluncuran resmi kalender ini dijadwalkan pada bulan Januari 2024, memberikan harapan bahwa tak peduli kapan pun wisatawan datang. Mereka akan selalu menemukan pengalaman yang tak terlupakan di Sumbar. ***

Pos terkait