Festival Payakumbuh Botuang, Merayakan Keajaiban Bambu di Sumatera Barat

Payakumbuh
(Instagram/@payakumbuhbontuangfestival)

TURISIAN.com – Tanggal 13 sampai 15 Juli 2023 akan menjadi momen yang penuh kegembiraan di Taman Batang Agam, Payakumbuh, Sumatera Barat.

Di tempat itu, akan diadakan Festival Payakumbuh Botuang, sebuah perayaan seni dan budaya yang berbasis pada bahan ajaib yang tak lain adalah bambu.

Pj Wali Kota Payakumbuh, Ridha Ananda, dengan antusias mengungkapkan bahwa festival ini akan menampilkan beragam pertunjukan seni yang memukau.

Seperti Musik Botuang, Malenggok Botuang, pertunjukan layang-layang yang menghiasi langit, serta pameran seni Botuang dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

BACA JUGA: Menikmati Padang Savana di Lereng Gunung Tambora, Ini yang bisa Kalian Saksikan

Selain itu, ada juga Kreatif Expo, Barakik-Rakik, dan serangkaian kegiatan menarik lainnya yang berhubungan dengan bambu.

“Seperti namanya yang menggambarkan keindahan bambu. Festival ini akan mempersembahkan sejuta keajaiban seni dan budaya. Khususna yang berbasis pada bahan yang luar biasa ini,” ungkapnya dengan semangat.

Ridha juga menekankan bahwa agenda ini merupakan salah satu festival unggulan di Sumatera Barat. Event ini,  termasuk dalam 110 Kharisma Event Nusantara (KEN) oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI.

Kegiatan Seni dan Budaya

“Ini menjadikan Festival Payakumbuh Botuang sebagai salah satu agenda seni budaya terbaik. Utamanya,  di Sumatera Barat yang tak boleh dilewatkan oleh para wisatawan,” tambahnya.

BACA JUGA: Pantai Air Manis, Tujuan Favorit Wisatawan ke Kota Padang

Dalam sambutannya, Ridha mengundang semua pihak, terutama para wisatawan, untuk ikut menikmati kegiatan seni dan budaya yang telah vakum selama beberapa tahun akibat pandemi COVID-19.

Festival ini menjadi momentum penting untuk menghidupkan kembali semangat seni dan budaya yang khas dari daerah ini.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Sumatera Barat, Luhur Budianda, mengungkapkan bahwa festival ini menjadi salah satu faktor pendukung sektor pariwisata di daerah tersebut.

Hampir semua kabupaten dan kota di Sumatera Barat memiliki berbagai kegiatan pariwisata dalam upaya meningkatkan kunjungan wisata sesuai dengan Program Visit Beautiful West Sumatera 2023.

BACA JUGA: Senangnya Berenang di Pemandian Lubuk Minturun Kota Padang

Ia pun menilai bahwa semakin banyak agenda wisata yang diadakan di daerah ini. Mmaka potensi kunjungan wisatawan pun akan semakin meningkat. Dimana, pada akhirnya akan berdampak positif pada perekonomian daerah.

“Festival Payakumbuh Botuang menjadi salah satu agenda wisata unggulan karena pengakuan dan keikutsertaannya dalam KEN Kemenparekraf RI,” tandasnya.

Dengan Festival Payakumbuh Botuang yang mempesona ini, Sumatera Barat semakin meneguhkan dirinya sebagai destinasi wisata budaya yang kaya akan keindahan dan keragaman.

Wisatawan dari berbagai penjuru diundang untuk menyaksikan dan merasakan pesona bambu yang tak tergantikan dalam perayaan yang memukau ini. ***

Pos terkait