Bus Wisata Jakarta Masih Gratis, Ini Rute yang Dilewati

Bus Wisata Jakarta
Ilustrasi tiket naik bus wisata Jakarta. (Instagram/@mimi_is_lovee)

TURISIAN.com – Bro, ada berita seru nih! Sekarang di Jakarta ada Bus Wisata Jakarta alias Bus Jakarta Explorer yang dimanage sama PT Transportasi Jakarta (Transjakarta).

Ini bus tingkat keren yang bisa kamu naikin tiap hari. Dan, yang paling keren, GRATIS! Jadi, bisa buat semua anak muda di kota ini.

Koordinator Layanan Khusus Bus Wisata Jakarta, Deni Setiawan, mengatakan bus wisata ini udah jalan tiap hari sejak Senin, 30 Oktober 2023. Totalnya ada 12 bus, jadi bisa jalan-jalan seru deh.

Kamu bisa naikin bus wisata ini dari Senin sampe Minggu, jam 10 pagi sampe jam 5 sore.

BACA JUGA: Bigissimo Hadirkan Plus Size Fashion di Jakarta Fashion Week 2024

Sementara itu berdasar penejelasan,  admin Instagram Transjakarta, waktu nunggu bus wisata biasanya sekitar 40-45 menit, tergantung macetnya jalanan.

Bisa Pakai Kartu Flazz

Yang paling keren, bro, kamu bisa naikin bus wisata ini tanpa bayar! Cuma tinggal tap in/tap out pake kartu di mesin yang ada di bus wisata.

Bisa pake kartu flazz, e-money, brizzi, tapcash, jakcard, atau kartu berlogo Jak Lingko dengan tarif Rp 0 alias gratis!

BACA JUGA: Parade Berkain Lokal Lestari Berhasil Memukau Pengunjung CFD Jakarta

Nih, ada beberapa rute bus wisata Transjakarta yang bisa kamu coba:

  • BW1: Sejarah Jakarta (Juanda Istiqlal-Museum Bank Indonesia-Kali Besar Barat 1-Juanda Istiqlal)
  • BW4: Pencakar Langit (IRTI-Balai Kota 1-MH Thamrin 1-Wisma Nusantara-Tosari 1-Dukuh Atas 3-Karet Sudirman 1-Gelora Bung Karno 1-Bundaran Senayan 3-FX Sudirman-GBK Pintu 7-Tosari 2-Plaza Indonesia-MH Thamrin 2-Museum Nasional-Pecenongan 1-Pasar Baru Gedung Kesenian Jakarta-Monas 1-Monas 3-IRTI)
  • BW9: Kota Tua-PIK (Kali Besar 1-Buddha Tzu Chi-Gold Coast-Food Street-PIK 2 Pantjoran-Melody Golf-Pantai Maju-Melody Golf 2-Seberang Food Street-The Piano-Fresh Market PIK-PIK Avenue-Kali Besar 1)
  • BW10: Monas Explorer (IRTI-Gambir 2-Gambir 1-Juanda Iqtiqlal-Monas 1-Monas 2-Monas 3-IRTI)

Oh iya, kalo suka bus atap terbuka, biasanya ada di rute BW4. Tapi kabarnya ada rencana mau dipindahin ke rute BW10, tapi kita tunggu kabar selanjutnya deh.

Jadi, buruan naikin bus wisata ini, bisa naik dari halte pertama biar bisa nyobain perjalanan penuh dan kursinya biasanya lebih luas, bro!” ***

Pos terkait