Taman Wisata Kota jadi Pusat Festival Bumi Serawai Serasan Seijoan Tahun 2023

Taman Wisata kota
Berbagai seni budaya Seluma ditampilkan dalam Festival Bumi Serawai Serasan Seijoan Tahun 2023. (Instagram/@selumaterkini)

TURISIAN.com – Taman Wisata Kota (TWK) Simpang Enam, Seluma, Pemerintah Daerah Kabupaten Seluma, Bengkulu mendadak gegap gempita.

Suasana itu muncul bersamaan dengan digelarnya  Festival Bumi Serawai Serasan Seijoan Tahun 2023 yang begitu menggoda.

Festival ini yang telah meraih tempat dalam kalender tahunan, menghidupkan nuansa tarian-tarian budaya yang kental dengan identitas Kabupaten Seluma.

Gustianto, yang merupakan Wakil Bupati Seluma, baru-batu ini mengemukakan,  bahwa festival ini adalah tonggak bersejarah dalam upaya mempromosikan dan melestarikan warisan adat dan budaya Seluma.

BACA JUGA: Pesta Bumi Serawai Serasan Seijoan 2023, Perayaan Keindahan Budaya Seluma

“Saya berharap festival ini tak hanya sekadar hiburan. Melainkan juga menjadi medium untuk menjaga warisan budaya dan filosofi yang kaya dari nenek moyang kita,” ujarnya.

Ia  menekankan bahwa misi memajukan seni dan budaya tidak hanya menjadi beban pemerintah daerah. Atau entitas tertentu, melainkan sebuah upaya kolaboratif yang melibatkan semua pihak.

Termasuk pemerintah daerah, swasta, dan para pelaku seni dan budaya.

BACA JUGA: Festival Malam Nujuh Likur, Ada Pembakaran Gunung Api Adat Seluma

“Semoga festival ini terus berlanjut, mendorong kemajuan seni budaya di Seluma, serta membantu menggerakkan perekonomian dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” tandasnya.

Event Tahunan yang Ditunggu

Sementara itu, Saiful Anwar, selaku  Ketua Kerja Kegiatan Festival Bumi Serawai Serasan Seijoan Tahun 2023 mengungkapkan bahwa festival ini akan menjadi agenda tahunan.

Pria  juga menjabat sebagai Kadis Disparpora Kabupaten Seluma itu berharap event ini akan selalu ditunggu masyarakat maupun wisatawan.

BACA JUGA: Festival Napal Jungur, Tampilkan 1.000 Lepang Terpanjang di Dunia

Menurutnya, keberhasilan festival ini sangat bergantung pada dukungan penuh dari semua pihak. Termasuk lembaga pemerintah daerah dan sektor swasta.

“Keterlibatan semua elemen adalah kunci kesuksesan acara ini sehingga festival ini dapat berjalan dengan sukses,” ungkapnya.

Festival Bumi Serawai Serasan Seijoan menyuguhkan beragam kegiatan yang menggugah selera, antara lain:

  1. Madu Rasan dari Kecamatan Air Periukan dan Kecamatan Lubuk Sandi.
  2. Pencak Silat dari Kecamatan Semidang Alas (SA) dan Semidang Alas Maras (SAM).
  3. Tari Ulu dari Kecamatan Seluma Utara dan Ulu Talo.
  4. Tari Nelas dari Desa Cahaya Negeri.
  5. Tari Bali dari Desa Talang Benuang.
  6. Seni Dendang dari Kelurahan Masmambang.
  7. Zikir Sarafal Anam dari Desa Padang Merbau.

Festival ini tidak hanya memikat mata, tetapi juga hati, membawa kita lebih dekat dengan kekayaan budaya Seluma yang begitu memukau. ***

Pos terkait