Pesta Bumi Serawai Serasan Seijoan 2023, Perayaan Keindahan Budaya Seluma

Pesta Bumi Serawai Serasan
Objek wisata air terjun Batu Bekinyau Kedua di Desa Sengkuang Jaya Kecamatan Seluma Barat menawarkan keiindahan tersendiri. (Instagram/@visitseluma)

TURISIAN.com – Taman Wisata Kota (TWK) Simpang Enam, Seluma, Bengkulu kembali menjadi saksi gemerlapnya Pesta Bumi Serawai Serasan Seijoan pada tahun 2023.

Festival yang telah menjadi agenda tahunan ini kembali menampilkan keajaiban seni budaya dari Kabupaten Seluma.

Menurut Gustianto, Wakil Bupati Seluma, Rabu 25 Oktober 2023, Festival ini adalah langkah yang tepat untuk mengangkat dan mempromosikan kekayaan adat dan budaya Seluma.

“Saya berharap festival ini akan memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat. Melalui festival ini, mari kita tetap menjaga dan merawat warisan seni budaya kita,’ ujarnya.

BACA JUGA: Berkunjung ke Masjid Jamik Bengkulu Hasil Rancangan Soekarno

“Sebab di dalam seni budaya, terdapat kebijaksanaan dan filosofi yang sarat makna dari nenek moyang kita,” sambung  Gustianto.

Gustianto menjelaskan bahwa untuk mengembangkan seni dan budaya di Kabupaten Seluma, semua pihak, baik pemerintah, sektor swasta, maupun para pelaku seni, harus turut serta.

Mendukung Pertumbuhan Ekonomi

Ia pun berharap kegiatan ini akan berlanjut dari tahun ke tahun dan akan mendorong perkembangan seni budaya di Kabupaten Seluma. Dimana, pada  gilirannya nanti  akan mendukung pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

Sementara itu, Saiful Anwar, Ketua Kerja Kegiatan Festival Bumi Serawai Serasan Seijoan Tahun 2023, menjelaskan kalau festival ini akan menjadi ajang tahunan.

BACA JUGA: Petualangan ke Gunung Kaba Bengkulu yang Memukau

Oleh sebab itu Saiful, yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Seluma, menekankan pentingnya dukungan dari semua pihak.

Termasuk pemerintah daerah, organisasi masyarakat, dan sektor swasta, untuk menjamin kelancaran penyelenggaraan acara.

Berikut ini adalah beberapa rangkaian kegiatan yang dapat dinikmati dalam Festival Bumi Serawai Serasan Seijoan:

  1. Madu Rasan: Aneka madu berkualitas dari Kecamatan Air Periukan dan Kecamatan Lubuk Sandi.
  2. Pencak Silat: Tampilkan keindahan gerakan seni beladiri dari Kecamatan Semidang Alas (SA) dan Semidang Alas Maras (SAM).
  3. Tari Ulu: Sajikan tarian tradisional dari Kecamatan Seluma Utara dan Ulu Talo.
  4. Tari Nelas: Nikmati keindahan Tari Nelas dari Desa Cahaya Negeri.
  5. Tari Bali: Lengkapi pengalaman budaya Anda dengan Tari Bali yang memukau dari Desa Talang Benuang.
  6. Seni Dendang: Dipersembahkan oleh kelompok seni Dendang dari Kelurahan Masmambang.
  7. Zikir Sarafal Anam: Rasakan ketenangan dan makna spiritual melalui Zikir Sarafal Anam dari Desa Padang Merbau.

Pesta Bumi Serawai Serasan Seijoan adalah sebuah perayaan yang memperkuat kekayaan budaya dan tradisi Seluma, mengingatkan kita akan pentingnya melestarikan warisan nenek moyang, dan merayakan keberagaman seni budaya yang mempesona.

Pos terkait