Tinggal Hitungan Hari, Bandara Kertajati Beroperasi, Ini Jadwal Lengkapnya

Tinggal Hitungan Hari
Maskapai Batik Air saat mendarat di Bandara Kertajati, Majalengka. (Foto: Turisian.com/Duta)

TURISIAN.com – Tinggal hitungan hari,  Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati di Kabupaten Majalengka akan mulai beroperasi kembali.

Peristiwa ini akan mengubah  peta rute penerbangan di Jawa Barat. Yakni, penerbangan domestik maupun internasional dari Bandara Husein Sastranegara, Bandung ke Bandara Kertajati.

Begitu Bandara Kertajati memulai operasinya penuh pada Minggu, 29 Oktober 2023 mendatang, maka Bandara Husein Sastranegara hanya fokus melayani penerbangan domestik, yaitu  pesawat baling-baling rute di Pulau Jawa.

Saat ini, hanya ada satu pesawat baling-baling di Bandara Husein Sastranegara yang dioperasikan oleh Wings Air. Mereka, melayani rute ke Bandara Adi Sutjipto, Yogyakarta, menggunakan pesawat ATR72-600.

BACA JUGA: Menunggu Geliat Pariwisata di Kawasan Bandara Kertajati

Sementara itu Bandara Kertajati memiliki target ambisius untuk melayani 32.000 penumpang setiap minggu setelah memulai operasinya nanti.

Rencana ini membawa sejumlah perubahan besar dalam rute penerbangan di wilayah tersebut.

Rute Lengkap Penerbangan

Berdasarkan informasi dari akun Instagram Pesona Indonesia Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, berikut  daftar rute penerbangan ke Kertajati.

  1. Rute dari dan ke Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Balikpapan (BPN)
  2. Rute dari dan ke Bandara Internasional Syamsudin Noor, Banjarmasin (BDJ)
  3. Rute dari dan ke Bandara Internasional Hang Nadim, Batam (BTH)
  4. Rute dari dan ke Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Denpasar (DPS)
  5. Rute dari dan ke Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Makassar (UPG)
  6. Rute dari dan ke Bandara Internasional Kualanamu, Medan (KNO)
  7. Rute dari dan ke Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II, Palembang (PLM)

BACA JUGA: Pj Gubernur Jabar Bey Klaim ke Bandara Kertajati Majalengka Lebih Singkat

Ketujuh rute ini akan melayani penerbangan menggunakan maskapai Citilink, Indonesia AirAsia, Super Air Jet, Lion Air, dan Batik Air.

Moda Transportasi ke Bandara

Dengan perubahan ini, penumpang akan memiliki beragam pilihan moda transportasi untuk mencapai Bandara Kertajati.

  1. DAMRI: Layanan DAMRI yang menuju Bandara Kertajati dijadwalkan berangkat dari Terminal Cicaheum, Kota Bandung pukul 05.30 WIB, sesuai dengan jadwal penerbangan di Bandara Kertajati. Tarif DAMRI dari Kota Bandung ke Bandara Kertajati dimulai dari Rp 110.000 per orang.
  2. Shuttle: Saat ini, ada beberapa layanan shuttle bus yang melayani penumpang ke Bandara Kertajati. Seperti Arnes Citi Trans, Bhinneka Shuttle, Mekarsari Shuttle, dan BJT (Sobat Trans). Tarif untuk naik shuttle ke Bandara Kertajati dimulai dari Rp 100.000 per orang.
  3. Taksi: Penumpang juga memiliki opsi untuk naik taksi ke Bandara Kertajati. Tarifnya bervariasi tergantung pada rute perjalanan, durasi perjalanan, kondisi lalu lintas, dan jumlah penumpang. Sebagai contoh, untuk perjalanan dari Jalan Dipatiukur, Kota Bandung menuju Bandara Internasional Kertajati, tarifnya mulai dari Rp 544.000 hingga Rp 626.000.
  4. Kendaraan Online: Anda juga dapat menggunakan layanan kendaraan online. Beberapa aplikasi transportasi online menawarkan opsi penjemputan di daerah Pasteur dengan tarif mulai dari Rp 483.000. Sama seperti taksi konvensional, tarif kendaraan online juga bervariasi tergantung pada rute, durasi perjalanan, dan jumlah penumpang.

BACA JUGA: Bandara Kertajati di Majalengka Jadi Destinasi Utama bagi Jet Penumpang Mulai Oktober 2023

Dengan perpindahan rute penerbangan dan beragam pilihan transportasi ini, Bandara Kertajati akan menjadi pusat penting untuk perjalanan udara di Jawa Barat,.

Terakhir, pembukaan bandara ini akan mmberikan  peluang baru untuk eksplorasi dan konektivitas yang lebih luas. ***

Pos terkait