Festival Napal Jungur, Tampilkan 1.000 Lepang Terpanjang di Dunia

Festival Napal Jungur
Bupati Seluma Erwin Octavian, melintasi tempat berlangsungnya festival lemang, Selasa 11 Juli 2023. (Instagram/@mediacenter_kabseluma)

TURISIAN.com – Pemerintah Kabupaten Seluma menggelar Festival Napal Jungur. Event spesial ini berlangsung di objek wisata Air Terjun Napal Jungur, Kecamatan Lubuk Sandi, Seluma Bengkulu, Selasa, 1 Juli 2023.

Dalam festival yang diberi nama Napal Jungur ini, Pemkab Seluma menghidangkan sebanyak 1.000 batang lemang. Tidak sekadar makanan, lemang memiliki makna mendalam sebagai identitas adat Suku Serawai yang digunakan dalam ritual bertunangan.

Bupati Seluma, Erwin Octavian, dengan penuh semangat menyampaikan betapa pentingnya Festival Napal Jungur dalam mempromosikan pariwisata lokal.

Dengan memasak 1.000 lemang, festival ini diharapkan dapat lebih mengangkat nama wisata daerah.

BACA JUGA: Berkunjung ke Masjid Jamik Bengkulu Hasil Rancangan Soekarno

Selain itu, festival ini juga bertujuan untuk membangkitkan perekonomian masyarakat pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) setempat.

Tidak hanya Festival Napal Jungur, sebelumnya, berbagai festival menarik juga telah diselenggarakan dalam kalender acara daerah.

Satu malam di Lubuk Resam

Mulai dari acara “satu malam di Lubuk Resam” yang mempesona, Festival Bendungan yang memperlihatkan keindahan dan manfaatnya.

Lalu, ada Festival Wisata Cemoro Sewu yang memukau hati, Festival Nasi Jambar yang memanjakan lidah, hingga Festival Gindu Cucur yang menghadirkan cita rasa tradisional yang autentik.

BACA JUGA: Petualangan ke Gunung Kaba Bengkulu yang Memukau

Menurut Bupati Erwin, festival-festival tersebut bertujuan untuk mempromosikan kekayaan daerah, baik dalam hal wisata, budaya, maupun kearifan lokal yang dimiliki oleh masyarakat setempat.

Hal ini sejalan dengan upaya untuk meningkatkan pengenalan dan apresiasi terhadap keindahan serta keunikan daerah tersebut.

Sementara itu, untuk kenyamanan para wisatawan yang berkunjung, objek Wisata Napal Jungur kini telah menyediakan fasilitas homestay. Para pengunjung dapat menikmati pesona alam yang menakjubkan sambil bermalam di lokasi wisata yang memukau tersebut.

BACA JUGA: Rekreasi ke Air Terjun Geluguran Bengkulu Selatan yang Masih Alami dan Asri

Dengan demikian, pemerintah setempat berharap dapat memberikan pengalaman tak terlupakan bagi para wisatawan yang berkunjung ke daerah Seluma Bengkulu.

Festival-festival yang diadakan oleh Pemkab Seluma bukan hanya sekadar hiburan semata, tetapi juga menjadi wadah bagi masyarakat lokal dalam memperkenalkan keunikan budaya dan potensi pariwisata daerah.

Dengan semakin banyaknya festival yang dihelat, diharapkan pariwisata Seluma Bengkulu akan semakin berkembang dan menjadi daya tarik bagi wisatawan dari berbagai penjuru. ***

Pos terkait