Festival Menggambar Nasional 2023, Dorong Kreativitas Anak Indonesia

Festival Menggambar Nasional 2023
Suasana pelaksanaan Festival Menggambar Nasional 2023 di Gelanggang Remaja Pasar Minggu, Jakarta, MInggu 22 Oktober 2023. (Instagram/@rusdiyanto145)

TURISIAN.com – Nestle Indonesia melalui unitnya yang terkenal, Dancow, bersinergi dengan Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi menghadirkan Festival Menggambar Nasional 2023.

Festival spektakuler ini bertujuan untuk merangsang kreativitas anak-anak Indonesia dalam dunia seni menggambar.

Direktur Corporate Affairs Nestle Indonesia, Sufintri Rahayu, atau yang akrab disapa Fifin, yang menjelaskan bahwa dengan tema “Aku Dan Kau Generasi Sehat, Kuat & Cerdas Berkarakter,” festival ini tak sekadar memuliakan bakat seni anak-anak.

Namun, lebih jauh dari itu  juga sejalan dengan program pemerintah untuk menciptakan generasi penerus yang tangguh, pintar, dan berbudi pekerti.

“Perhelatan besar Festival Menggambar Nasional 2023 ini menjadi bukti nyata komitmen Nestle Indonesia. Khususnya, dalam mengoptimalkan makanan sebagai pilar peningkatan kualitas hidup,” ungkap Fifin dalam sambutannya di ajang festival menggambar di Jakarta Minggu, 22 Oktober 2023.

BACA JUGA: ASEAN Panji Festival 2023 akan Mampir ke Beberapa Kota Besar Indonesia

Peningkatan kualitas, bukan hanya bagi generasi saat ini, tetapi juga yang akan datang.

“Kami berharap festival ini dapat menjadi tonggak awal bagi kehidupan yang lebih sehat dan bahagia bagi anak-anak Indonesia sejak usia dini,” lanjutnya.

Fifin juga menaruh harapan besar bahwa Festival Menggambar Nasional 2023 ini akan menjadi platform penting dalam merangsang perkembangan anak.

Termasuk kemampuan kognitif, motorik, analitis, dan ekspresi diri. Tak hanya anak-anak yang turut terlibat, namun peran orang tua juga sangat penting.

Mereka diingatkan untuk mendukung dan memberikan pemahaman kepada buah hati dengan prinsip 3S: Sehat Bergizi, Sehat Fisik, dan Sehat Imunisasi.

BACA JUGA: Festival Kesenian Yogyakarta, Tak Sekedar Panggung Seni dan Budaya

Kampanye “Sekolah Sehat”

Ini merupakan bagian dari misi Kemendikbudristek untuk meningkatkan kesehatan peserta didik di sekolah melalui kampanye “Sekolah Sehat” (KSS), yang sudah berjalan sejak tahun 2022.

“Saya sangat berharap Festival Menggambar Nasional tidak hanya menjadi pemicu kreativitas dan sarana ekspresi bagi anak-anak. Tetapi juga memberikan wawasan yang mendalam kepada para orang tua tentang pentingnya prinsip 3S dalam pertumbuhan anak,” ujar Dr. Muhammad Hasbi, Direktur Sekolah Dasar Kemendikbudristek RI.

Pada kesempatan yang sama, Senior Brand Manager Nestle Dancow, Christian Aldo Simandjuntak, menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan dukungan kuat dari Nestlé Dancow untuk Kampanye Sekolah Sehat (KSS).

Tujuannya, yaakni mendorong gaya hidup sehat bagi anak-anak sejak usia dini. Hal ini menjadi langkah kongkret untuk menciptakan generasi penerus yang kuat dan cerdas dengan karakter yang kokoh.

BACA JUGA: Menyaksikan Keseruan Balon Udara di Festival Balon Udara Obelix Vilage 2023

Sementara itu, festival ini digelar di 30 kota di seluruh Indonesia, termasuk Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, Medan, Manado, dan Kupang.

Festival ini telah berlangsung sejak 11 Juli hingga 30 September, dan telah menerima lebih dari 11.400 karya seni anak-anak Indonesia.

Pendiri HelloMotion Academy

Kali ini, festival dibagi menjadi tiga kategori, yaitu kategori A (kelas 1-2 Sekolah Dasar), kategori B (kelas 3-4 Sekolah Dasar). Dan kategori C (kelas 5-6 Sekolah Dasar), serta diselenggarakan melalui tiga tahap yang menarik.

Sedangkan, Pendiri HelloMotion Academy, Wahyu Aditya, yang menjadi kurator hasil karya seni peserta, sangat antusias dapat berkolaborasi dengan Nestle Dancow.

BACA JUGA: Pemkot Pekanbaru Gelar Pekan Maulid Festival, Apa Saja Atraksinya?

Utamanya, dalam mendukung anak-anak dalam mempelajari hal-hal baru dan mendorong kreativitas mereka. Ini adalah langkah yang krusial dalam mempersiapkan anak-anak untuk meraih kesuksesan di masa depan.

“Festival Menggambar Nasional 2023 memiliki potensi untuk mendorong kreativitas dan membuka pintu imajinasi anak-anak,” ungkap Wahyu.

“Ini bisa menjadi pemicu inspirasi bagi mereka untuk memperdalam pengetahuan dan berpikir di luar batas yang akan menjadi pondasi kesuksesan di masa mendatang,” sambung Wahyu.

Semua peserta Festival Menggambar Nasional 2023 berhak menerima sertifikat elektronik sebagai penghargaan atas partisipasi mereka.

Untuk 10 peserta dengan karya terbaik dari masing-masing kategori. Mereka akan memenangkan tabungan pendidikan dengan total hadiah mencapai Rp50.000.000 (masing-masing Rp5.000.000). Serta kesempatan mengikuti kelas animasi daring dari HelloMotion Academy. ***

Pos terkait