Pemkot Pekanbaru Gelar Pekan Maulid Festival, Apa Saja Atraksinya?

Pekan Maulid Festival
Suasana Jalan Nangka di Kota Pekanbaru. (Foto: Dok.Unplash.com)

TURISIAN.com – Pemerintah Kota Pekanbaru berkolaborasi dengan berbagai komunitas menggelar event yang cukup menarik, yakni Pekan Maulid Festival.

Event ini merupakan hasil bareng dengan beberapa stakeholder pemkot Pekanbaru. Diantaranya, Forum Pemuda Remaja Masjid (FPRM), dan Kementerian Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia.

Sebagai rumpun Melayu yang mayoritas beragam Islam, peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW memang merupakan moment yang ditunggu-tunggu masyarakat.

Sementara itu, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kota Pekanbaru, Masykur Tarmizi, mengungkapkan bahwa acara pembukaan Pekan Maulid Festival akan menjadi sorotan utama di Jalan Cut Nyak Dien, Pekanbaru, pada Jumat, 6 Oktober 2023.

BACA JUGA: Petang Megang Kembali Digelar Masyarakat Pekanbaru, Ini Lokasinya

Dalam atmosfer yang begitu meriah, pihaknya akan menyuguhkan penampilan khusus dari dua bintang papan atas, yakni Syakir Daulay dan Annisa Rahman.

“Kegiatan yang menjadi hasil kolaborasi gemilang antara FPRM, dan Kementerian Kominfo. Serta Pemerintah Kota Pekanbaru ini dihadirkan untuk seluruh warga, khususnya kaum muda,” ungkap Masykur Tarmizi.

Tabligh Akbar

Sebelumnya, rangkaian festival ini sudah dimulai sejak Tabligh Akbar pada tanggal 1 Oktober lalu. Tabligh Akbar yang diusung dengan tema ‘Ukhuwah Islamiyah, Persatuan Pemuda Remaja Masjid dan Literasi Digital’. Menghadirkan, Ustadz Hamanis (Hannan, Mannan, dan Ihsan) sebagai pembicara utama.

BACA JUGA: Maskapai Citilink Buka Rute Langsung Halim-Pekanbaru, Ini Jadwalnya

Bahkan, sejak tanggal 4 Oktober, kawasan Jalan Cut Nyak Dien juga telah dihiasi dengan bazar usaha mikro kecil menengah bertema Islami.

Tidak kurang dari 66 tenda turut berpartisipasi dalam bazar ini.

Pada Pekan Maulid Festival ini, sejak hari Rabu juga telah dilangsungkan 10 cabang perlombaan yang beragam.

Di antara lomba-lomba tersebut adalah Lomba Story Telling, Cerdas Cermat, Hadroh, Marawis, Nasyid, Barzanji, Rebana, Busana Muslimah (Syar’i), Defile, dan Mars BKMT.

BACA JUGA: Estape Balap Sepeda Tour de Siak Kini Sampai Pekanbaru

Klimaks dari peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW ini akan berlangsung pada tanggal 11 Oktober. Dimana, saat itu Pemkot Pekanbaru akan menggelar Tabligh Akbar.

Tokoh terkemuka,  Ustadz Das’ad Latif akan menjadi tamu panggung utama. Tidak hanya itu, pada kesempoatan yang sama juga dihadirkan penampilan istimewa dari Opick, yang rencananya akan dihelat di Jalan Gajah Mada.

Untuk generasi muda dan remaja yang ingin berpartisipasi dalam acara ini, mereka dapat mendaftar melalui link pendaftaran yang sudah disiapkan.  ***

Pos terkait