Pebalap Elite MotoGP Menyapu Bersih Pantai Kuta Bali

Pantai Kuta
Seorang pembalap MotoGP memungut sampah di Pantai Kuta, Lombok, Nusa Tenggara Barat, Kamis 12 Oktober 2023. (Instagram/@motoGP)

TURISIAN.com –  Peristiwa langka terjadi di Pantai Kuta Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) ketika enam bintang MotoGP Mandalika 2023 bersatu dalam aksi bersih-bersih, Kamis 12 Oktober 2023.

Keenam pembalap tersebut adalah Maverick Vinales, Miguel Oliveira, Taakaki Nakagami, González Simón, Alonso López González, dan Ayumu Sasaki.

Mereka, secara bersama-sama meramaikan pantai dengan penuh semangat membersihkan sampah yang bertebaran.

Sebelum mereka beraksi membersihkan pantai, para pebalap yang akan menggebrak Sirkuit Mandalika ini mengikuti atraksi Tari Gandrung khas Lombok.

BACA JUGA: Besok, Parade Pembalap MotoGP Mandalika 2023 Digelar

Kehebohan terjadi ketika keenam pebalap elit itu, diiringi oleh sepuluh penari perempuan Lombok Tengah, menari dengan penuh kesungguhan.

“Ini pertama kalinya kami melihat para pebalap menari di Lombok. Biasanya, kegembiraan tari adalah milik warga Lombok,” ungkap Sulastri Damayanti, salah seorang warga setempat, dengan rasa kagum.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata Lombok Tengah, Lendek Jayadi, mengungkapkan bahwa pertunjukan Tari Gandrung tersebut disajikan secara khusus.

Utamanya, untuk menghibur para pebalap dan para wisatawan yang berkunjung ke Kuta Mandalika.

BACA JUGA: Ketum PHRI Hariyadi Sukamdani Ungkap Tantangan Pelaksanaan MotoGP Mandalika

Penanaman Terumbu Karang

Acara pun tak berhenti pada pertunjukan tari, melainkan dilanjutkan dengan aksi bersih-bersih pantai dan penanaman terumbu karang.

Jayadi menjelaskan bahwa Pantai Kuta Mandalika bukan sekadar tujuan wisata biasa. Pantai ini juga merupakan bagian dari Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika.

Dimana, juga dijadikan sebagai ruang edukasi tentang pentingnya menjaga lingkungan laut.

Ia berharap bahwa aksi bersih-bersih pantai yang melibatkan para pebalap MotoGP akan memberikan inspirasi kepada masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan.

BACA JUGA: Ajang MotoGP Kembali Digelar di Mandalika, Pemda NTB Ingatkan Pengusaha Hotel

“Selain itu, hal ini juga menjadi ajang edukasi bagi para wisatawan untuk menikmati keindahan laut dalam keadaan yang bersih,” tambah Jayadi.

MotoGP Mandalika 2023 sendiri akan digelar pada tanggal 13-15 Oktober 2023. Dan hingga tiga hari sebelum balapan, sudah terjual sebanyak 61.500 tiket dari total 69.900 tiket yang tersedia.

“Sudah terjual 88 persen tiket,” ujar Komandan Lapangan MotoGP Mandalika 2023, Jamaluddin Malady.

BACA JUGA: PHRI Gelar Bike Tour di KEK Mandalika, Upaya Tarik Wisatawan ke NTB

Menurut Malady, para penonton mayoritas berasal dari NTB dan sebagian lainnya dari luar NTB.

Dalam statistik tersebut, penonton dari Jakarta menyumbang sebanyak 15,6 persen, Jawa Barat 6,8 persen, Banten 5,4 persen, Jawa Timur 3,6 persen.’

Dilanjutnya, Jawa Tengah 3,1 persen, Sumatera Utara 2,1 persen, Bali 2 persen, dan penonton dari luar negeri mencapai 5 persen. ***

Pos terkait