Kenapa Melepas Alas Kaki di Pesawat Bukanlah Ide Terbaik

Melepas Alas Kaki
Ilustrasi. Penumpang pesawat duduk dengan melepas alas kaki. (Foto: Dok.Pixabay.com)

TURISIAN.com – Ketika Anda merencanakan perjalanan jauh dengan pesawat, nyaman adalah salah satu hal yang paling diinginkan. Bagaimana kalau kita melepas alas kaki ?

Pertanyaan ini tak jarang muncul untuk memperoleh rasa nyaman. Namun, terlepas dari hasrat untuk mencapai kenyamanan itu, ada satu kebiasaan yang sebaiknya Anda hindari saat di pesawat, melepas alas kaki.

Bahkan, pilot dan kru penerbangan melarang tindakan ini dengan alasan yang sangat masuk akal.

Nah, berikut yang perlu Anda perhatikan selama berada di kabin pesawat:

Tidak Selalu Bersih Seperti yang Anda Kira

Pesawat mungkin menjalani pembersihan rutin, tetapi waktu yang terbatas antara penerbangan membuat proses pembersihan menjadi tergesa-gesa.

Seorang pilot berpengalaman, Patrick Smith, menjelaskan bahwa pembersihan kabin pesawat seringkali hanya mencakup beberapa hal saja.

BACA JUGA: Mencegah Kejadian GERD saat Traveling, Ikuti Tips Ini

Seperti membersihkan tempat sampah yang tertinggal di saku sandaran kursi. Atau membersihkan permukaan yang sering disentuh seperti gagang pintu toilet.

Meja nampan dan sandaran tangan juga menjadi tempat favorit bagi kuman. Pembersihan mendalam biasanya hanya dilakukan setiap 4 hingga 6 minggu sekali, tergantung dari maskapai penerbangan.

Berisiko untuk Kesehatan Anda

Melepas sepatu atau alas kaki di pesawat dapat berdampak buruk pada kesehatan Anda, menurut David Krause, pemilik SyQuest USA, produsen produk pembersih yang digunakan di pesawat.

Tindakan ini dapat meningkatkan risiko penularan bakteri dan virus yang dapat merugikan kesehatan Anda. Kekhawatiran terhadap infeksi jamur juga selalu ada.

BACA JUGA: Tips Memilih Kursi Pesawat agar Terhindar dari Virus Flue

Selain itu, karpet di pesawat hanya dibersihkan jika benar-benar diperlukan, seperti ketika ada tumpahan makanan atau minuman.

Membuat Orang Lain dan Kru Tidak Nyaman

Melepas alas kaki juga bisa membuat penumpang lain atau anggota kru kabin merasa tidak nyaman. Ini adalah bagian dari etika dasar saat berada dalam ruang bersama.

Namun, dengan pandemi COVID-19, proses pembersihan di pesawat telah meningkat, dengan penggunaan disinfektan yang lebih intensif.

BACA JUGA: Mau Asyik Snorkeling, Ikuti Tips Ini

Meskipun demikian, tetaplah memakai sepatu sepanjang waktu untuk menghindari situasi yang dapat membuat Anda, penumpang lain, dan kru penerbangan tidak nyaman.

Jadi, meskipun melepas alas kaki mungkin terasa menggoda, lebih baik tetap memakai sepatu saat dalam penerbangan.

Dengan begitu, Anda tidak hanya menjaga kenyamanan pribadi Anda tetapi juga menghormati kebersihan dan kesehatan bersama penumpang lainnya. ***

Pos terkait