Mencegah Kejadian GERD saat Traveling, Ikuti Tips Ini

Kejadian GERD
Ilustrasi. Seorang pria menahan rasa sakit diperut. (Dok.Pixabay.com)

TURISIAN.com – Pernah gak ngalami kejadian GERD, pas kita lagi jalan-jalan. Pasti bikin bete dong. Apalagi ketika lagi seru-serunya bersama yang lainnya. Bener-bener ganggu suasana.

Jadi, gimana nih cara menghadapinya biar tetep enjoy liburannya? Tenang Sobat Turisian. Ada tips yang bisa kalian simak atau bahkan menjadi, catatan penting.

Tapi sebelum itu, kita kasih tau dulu ya, apa itu GERD. GERD merupakan kondisi yang terjadi saat asam lambung naik kembali ke saluran.

Utamanya, yang menghubungkan antara mulut dan perut yaitu kerongkongan atau esofagus.

BACA JUGA: Tips Memilih Kursi Pesawat agar Terhindar dari Virus Flue

Gejalanya  ditandai dengan sensasi nyeri dan juga rasa terbakar (heartburn) pada dada dan mulut terasa pahit.

Nah, untuk mengatasinya, coba deh tips berikut ini:

Stay Cool, Don’t Stress Out

Stres pas lagi jalan-jalan bisa bikin GERD makin parah, makanya chill aja! Cari waktu buat santai, bisa meditasi, ikutan yoga, nongkrong di pinggir kolam renang, atau baca buku. Mantap kan?

Jauhi Makanan Pemicu GERD

Waktu traveling, mungkin banyak makanan enak yang pengen dicoba. Tapi kalo lo punya GERD, sebaiknya hindari makanan pedas, asam, gorengan, minuman bersoda, dan alkohol. Makanan-makanan ini bisa bikin asam lambung naik tinggi dan bikin perut lo jadi enggak enak. Atau masalah bisa masuk pada kejadian GERD.

BACA JUGA: Tips Mencari Tiket Murah dari Mbah Google, Hanya Butuh Beberapa Langkah Saja

Makan Pelan-pelan

Saat makan, usahain makan pelan-pelan ya. Minum dan makan terlalu cepat bisa bikin perut kalian  tertekan dan bikin asam lambung naik. Gak asik kan?

Pilih Makanan Sehat

Kalo lagi makan di restoran, coba perhatiin menu dengan seksama. Jangan ragu tanya ke pelayan buat hindari makanan yang bisa bikin GERD kambuh. Kalo bisa, bawa bekal sendiri biar kamu tahu persis apa yang kamu makan.

Suplemen Herbal

Buat ngatasi GERD pas lagi jalan-jalan, coba deh suplemen herbal. Ada yang mengandung kunyit, lho! Sayangnya, kadang susah nemuinnya di luar negeri, khususnya di Eropa atau Amerika.

Solusinya, bawa aja Sido Muncul Natural Sari Kunyit Plus. Suplemen ini kaya curcuminoid yang bisa bantu kurangin produksi asam lambung dan melindungi lambung lo.

BACA JUGA: Mau Asyik Snorkeling, Ikuti Tips Ini

Curcuminoid juga bagus buat melindungi lambung dan liver, terutama buat yang sering ngerokok atau minum alkohol. Ada juga lada hitam di dalamnya yang mengandung piperine.

Campuran keduanya bisa bantu banget buat atasi masalah pencernaan kayak maag, perut nyeri, begah, mual, muntah, dan juga menjaga kesehatan lambung dan liver.

Suplemen ini ada dalam bentuk kapsul mini yang gampang ditelan dan cepet diserap oleh tubuh.

Kalian bisa beli di apotek atau apotek online juga. Bisa , juga  langsung aja cek disini.

***

Pos terkait